Seorang pria asal China, dijatuhi hukuman penjara hanya gara-gara menginjak potret. Masalahnya, potret yang dia injak bukan potret biasa. Melainkan adalah potret Jenghis Khan, mantan penguasa termashyur bangsa Mongolia.

Menurut BBC, Senin 18 Desember 2017, pria itu bermarga Luo dan berusia 19 tahun. Ia dijatuhi hukuman penjara selama setahun karena menginjak potret mantan penguasa Mongol, Jenghis Khan.

Oleh pengadilan, dia dinyatakan bersalah karena menghasut kebencian etnis dan melakukan diskriminasi etnis.

Pengadilan di wilayah Mongolia Dalam China diberi tahu pria tersebut, yang diidentifikasi oleh nama keluarganya Luo, telah memfilmkan dirinya saat menginjak-injak gambar Jengis Khan di bulan Mei lalu.

Video pemuda 19 tahun itu kemudian beredar luas secara online di media sosial, dan menyebabkan ketidakpuasan dan kemarahan publik. Sebab, Jenghis Khan adalah tokoh yang dihormati di antara etnis Mongol.

Kantor berita Xinhua menyatakan bahwa Luo telah dinyatakan terbukti bersalah karena menghasut kebencian etnis oleh pengadilan di kota Ordos, di wilayah otonom Mongolia Dalam, di mana insiden tersebut terjadi.

Mengutip biro keamanan publik setempat, Luo telah mengunggah video dirinya “menginjak dan menghina” potret Jengis Khan ke platform video populer Kuaishou. Ia juga menyebarkannya secara luas ke kelompok dan teman di aplikasi pesan WeChat.

Langkah tersebut mendorong reaksi keras publik dan beberapa dari mereka melaporkan ke polisi. Pihak berwenang lalu menghapus video tersebut. Saat di sidang, Luo meminta maaf karena telah melukai sentimen publik.

Dalam sejarahnya, Jenghis Khan menjadi yatim piatu pada usia sembilan tahun dan mulai menjadi pemimpin bangsa Mongol pada tahun 1206. Jenghis Khan menyatukan suku-suku di China utara dan mendirikan Kekaisaran Mongol pada abad ke-13.

Cucu laki-lakinya, Kubilai Khan, mendirikan Dinasti Yuan, yang memerintah China dari 1271 sampai 1368. Tak mengherankan, menginjak-injak potret Jengis Khan jelas merupakan penistaan terhadap bangsa Mongol.

READ MORE

Casing HP Ini Diproduksi, Setelah Sukses Curi Perhatian di Iklan Es Krim Kolosal

Belum lama ini netizen dihebohkan dengan kemunculan iklan es krim yang bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya, iklan tersebut dikemas layaknya drama kolosal seperti yang sering...

Jalankan Bisnis Penyedia “Like” Palsu, 3 Pria Diciduk Polisi

Rempong.net - Bisnis "like" palsu (clickfarm) memang tak terpikirkan. Namun, siapa sangka hal itu dimanfaatkan orang untuk mencari keuntungan berdasarkan jumlah like yang didapat...

Bantu Pengendara Mobil Ganti Ban, Aksi Polisi Ini Menuai Pujian

Di tengah ramainya pemberitaan negatif terhadap institusi kepolisian, masih banyak petugas yang senantiasa membantu masyarakat tanpa mengharapkan imbalan. Seperti yang dilakukan seorang polisi di...

Heboh Mobil Disiram Cat Besi karena Parkir di Bahu Jalan

Punya mobil tapi tak punya garasi sudah menjadi pemandangan yang biasa di kota-kota besar. Namun peristiwa yang terjadi di Bekasi ini dapat menjadi pelajaran...

Komentar Anda