Seorang pria asal China, dijatuhi hukuman penjara hanya gara-gara menginjak potret. Masalahnya, potret yang dia injak bukan potret biasa. Melainkan adalah potret Jenghis Khan, mantan penguasa termashyur bangsa Mongolia.

Menurut BBC, Senin 18 Desember 2017, pria itu bermarga Luo dan berusia 19 tahun. Ia dijatuhi hukuman penjara selama setahun karena menginjak potret mantan penguasa Mongol, Jenghis Khan.

Oleh pengadilan, dia dinyatakan bersalah karena menghasut kebencian etnis dan melakukan diskriminasi etnis.

Pengadilan di wilayah Mongolia Dalam China diberi tahu pria tersebut, yang diidentifikasi oleh nama keluarganya Luo, telah memfilmkan dirinya saat menginjak-injak gambar Jengis Khan di bulan Mei lalu.

Video pemuda 19 tahun itu kemudian beredar luas secara online di media sosial, dan menyebabkan ketidakpuasan dan kemarahan publik. Sebab, Jenghis Khan adalah tokoh yang dihormati di antara etnis Mongol.

Kantor berita Xinhua menyatakan bahwa Luo telah dinyatakan terbukti bersalah karena menghasut kebencian etnis oleh pengadilan di kota Ordos, di wilayah otonom Mongolia Dalam, di mana insiden tersebut terjadi.

Baca Juga :   Viral Foto Daniel Daryan, Paspampres Tampan Saat Pernikahan Kahiyang

Mengutip biro keamanan publik setempat, Luo telah mengunggah video dirinya “menginjak dan menghina” potret Jengis Khan ke platform video populer Kuaishou. Ia juga menyebarkannya secara luas ke kelompok dan teman di aplikasi pesan WeChat.

Langkah tersebut mendorong reaksi keras publik dan beberapa dari mereka melaporkan ke polisi. Pihak berwenang lalu menghapus video tersebut. Saat di sidang, Luo meminta maaf karena telah melukai sentimen publik.

Dalam sejarahnya, Jenghis Khan menjadi yatim piatu pada usia sembilan tahun dan mulai menjadi pemimpin bangsa Mongol pada tahun 1206. Jenghis Khan menyatukan suku-suku di China utara dan mendirikan Kekaisaran Mongol pada abad ke-13.

Cucu laki-lakinya, Kubilai Khan, mendirikan Dinasti Yuan, yang memerintah China dari 1271 sampai 1368. Tak mengherankan, menginjak-injak potret Jengis Khan jelas merupakan penistaan terhadap bangsa Mongol.

Komentar Anda

READ MORE

Bukan Berarti Gak Laku, Ini 6 Alasan Cowok Ganteng Jomblo

Hidup tanpa cinta memang bagaikan taman tak berbunga. Setiap insan manusia pasti memiliki idolanya masing-masing terhadap lawan jenis. Hidup saja kalau tanpa cinta pasti...

Pengusaha Asal Tulungagung Bayar Utang Rp4,5 M, Ternyata Uangnya Palsu

Mujiono awalnya akan melakukan pelunasan kredit senilai Rp4,5 miliar di Bank Central Asia (BCA) secara tunai. Dia datang ke kantor BCA dengan membawa kardus yang diyakini berisi uang.

Poco Pink, Rumah Super Mungil Yang Unik dan Dibangun Untuk Manusia

Rumah minimalis kini jadi pilihan sebagian besar orang saat memilih tempat tinggal, mengingat semakin terbatasnya lahan. Tapi inovasi dari sebuah perusahaan properti ini patut...

Kisah Lima Hantu Wanita Paling Terkenal di Dunia

Ternyata tak hanya kecantikan dan pesona yang bisa membuat seorang wanita menjadi populer di dunia. Namun kekejaman dan rasa takut yang ia tebarkan juga...

Foto Ini Bikin Warganet Ngakak ‘Dimata Tuhan Kita Semua Sama’

Sekilas tak ada yang aneh, banyak netizen tak sadar jika para remaja dalam foto tersebut berwajah sama.