12 Tahun Menghilang, Pantai Ini Muncul Kembali

Sebuah pantai di Irlandia yang dinyatakan lenyap pada 12 tahun lalu secara ajaib kembali muncul. Pantai yang terletak di Teluk Ashleam, Pulau Achill, Irlandia tersebut sempat hilang pascabadai tahun 2005.

Kini, hamparan pantai indah tersebut dipenuhi oleh bebatuaan bercampur pasir.

Dilansir dari laman Independent.co.uk, Kamis (23/11/2017), penduduk setempat menganggap, kemunculan pantai yang terjadi secara tiba-tiba ini disebabkan oleh Badai Brian yang sempat melanda wilayah tersebut.

Sama halnya dengan Sean Molloy, manager Pariwisata Pulau Archill yang mengatakan bahwa kemunculan pantai berbatu ini terjadi setelah Badai Brian.

“Ada cerita rakyat yang menyatakan bahwa pantai tersebut kerap hilang dan muncul. Dikatakan dalam legenda bahwa pantai akan muncul setiap tujuh tahun sekali, kemudian lenyap lagi,” ujar Molloy.

“Terakhir kali, pantai tersebut terlihat pada tahun 2005. Setelah itu, air laut kembali menutupinya,” tambahnya.

Molloy pun sempat menceritakan pengalaman yang ia rasakan ketika mengunjungi pantai tersebut.

“Aku tak dapat melupakan betapa cantiknya pantai ini. Hal tersebut benar-benar menakjubkan. Ini adalah tempat favoritku untuk saat ini,” jelas Molloy.

Beda halnya dengan Malcolm Cooney, seorang penduduk lokal yang telah tinggal di Achill sejak kecil. Ia mengatakan bahwa tampilan pantai tersebut selalu berbeda-beda.

Dr Kevin Lynch, seorang ahli geografi di National University of Ireland Galway, mengatakan kepada Irish Times bahwa munculnya pantai yang hilang tidak ada hubungannya dengan perubahan iklim.

“Dalam kasus ini, arah angin mengubah hidrodinamika teluk dan kemudian menutupi kawasan pantai,” ujar Lynch.

“Hal ini sama persis dengan apa yang terjadi di Ashleam,” tambahnya.

TONTON VIDEONYA DISINI

Loading...
BAGIKAN