Surat Izin Mengemudi dan Kartu keluarga. (Foto: Internet)

Pernah nggak kamu terpikir kalau istilah ‘surat’ dan ‘kartu’ yang digunakan dalam negara ini seolah terbolak-balik. Beberapa contohnya adalah penggunaan kata tersebut pada SIM (Surat Izin Mengemudi) dan KK (Kartu Keluarga).

Jika memakai penalaran berdasar logika, SIM yang menggunakan istilah ‘surat’, seharusnya menggunakan lembaran kertas sebagai bukti kepemilikan. Namun, bukti riilnya saat ini SIM justru ditunjukkan dengan kertas tebal berbentuk persegi panjang. Sedangkan istilah kartu dalam Katu Keluarga justru berlaku sebaliknya.

Alih-alih dicetak pada kertas tebal berukuran minimalis, KK justru dicetak dalam lembaran kertas biasa. Nah lho, hal ini jadi membuat kita bertanya-tanya, apa nggak seharusnya kedua istilah tersebut dibuat menjadi ‘Kartu Izin Mengemudi’ dan ‘Surat Keluarga’ ya?

Menjawab pertanyaan netizen, Ivan Lanin pun mengemukakan alasannya. © Twitter/ivanlanin

Nah, sebelum bingung, pakar internet dan aktivis Bahasa Indonesia, Ivan Lanin pun mengemukakan alasan mengapa kedua istilah tersebut masih dipakai hingga kini. Menurutnya, kedua sebutan tersebut merupakan peninggalan sejarah dan bukti bahwa bangsa Indonesia sulit untuk beranjak. Menilik dari sejarah masa lalu saat penjajahan Belanda, istilah ‘keterangan mengemudi’ atau rebewes (bahasa Belanda: rijbewijs) berbentuk buku yang menyerupai surat.

Sedangkan kartu keluarga dulunya dicetak di atas karton manila tebal yang menyerupai kartu besar. Sehingga rujukannya bukan lagi menggunakan istilah surat namun kartu. Namun, diakui Ivan Lanin melalui akun Twitternya, sampai saat ini ia sendiri belum menemukan sumber rujukan tertulis tentang masalah kebahasaan tersebut.

Seolah ingin ikut membantu pemecahan “kasus” tersebut, beberapa netizen pun turut mengemukakan pendapatnya, salah satunya adalah dari segi efisiensi. Penggunaan wujud kartu dalam Surat Izin Mengemudi dinilai lebih praktis karena tidak memakan banyak tempat. Lainnya menilai bahwa dalam Kartu Keluarga ada banyak keterangan yang harus ditulis jadi tidak cukup kalau hanya dicetak dengan kartu. Nah, kalau menurut pendapatmu?

READ MORE

Pacaran 3 Tahun Tapi Ditinggal Nikah, Bukti Jagain Jodoh Orang itu Nyata!

Yang namanya jodoh memang rahasia ilahi. Bisa jadi orang yang jalan bareng sama kita saat ini malah menikah dengan yang lain. Bisa jadi orang...

Naik Motor Mini, Bocah TK Nangis Diberhentikan Polisi

Sebuah video menampilkan dua anak usia taman kanak-kanak atau TK, viral di media sosial. Keduanya diberhentikan oleh petugas yang sedang berjaga mengatur lalu lintas.

Acara TV Indonesia Ini Jadi Viral di Korea Selatan, Ini Sebabnya!

Rempong.net - Bagi penggemar drama Korea Selatan atau K-Popers, acara variety show ala negeri Ginseng mungkin sudah tidak asing lagi. Seperti yang diketahui, variety...

Tinggalkan Anjing 8 Jam di Dalam Mobil, Aksi Pemilik Ini Tuai Kecaman

Kejadian miris tersebut diungkapkan oleh salah seorang pengguna Twitter bernama Tommy Prabowo yang dengan sabar menunggu sang pemilik datang.

6 Superhero yang Bisa Bertahan Hidup di Avengers: Infinity War

Banyak yang mengaitkan spekulasi tersebut dengan cerita dalam beberapa komik. Sementara, kita mengetahui Avengers: Infinity War akan dibuat berbeda dari materi aslinya.

Komentar Anda