Orang jawa. (Foto: ublik.id)

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budayanya. Setidaknya ada lebih dari 300 suku bangsa yang tinggal di Indonesia yang tentunya mereka memiliki budayanya masing-masing, termasuk bahasa.

Selain bahasa Indonesia, negara kita ini memiliki banyak jenis bahasa daerah mulai dari bahasa Sunda, Jawa, Batak, dan masih banyak lagi. Tapi tahu tidak kalau bahasa-bahasa daerah dari Indonesia ada yang populer di luar negeri?

Salah satu bahasa daerah asli Indonesia yang populer di luar negeri adalah bahasa Jawa. Penasaran? Langsung saja berikut ulasan tentang negara-negara yang mempopulerkan bahasa Jawa. Kita sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya bangga.

1. Singapura

Negara pertama yang warganya banyak yang menggunakan bahasa Jawa adalah Singapura. Pasalnya penduduk orang Jawa di negara ini lumayan besar. Uniknya lagi di Siangpura ada kampung Jawa yang memang dihuni oleh orang Jawa asli.

Pada tahun 1825, banyak orang Jawa yang datang ke Singapura untuk bekerja sebagai buruh. Jadi tak heran jika di Singapura banyak sekali warga yang menggunakan bahasa Jawa.

2. Malaysia

Sebagai negara tetangga, wajar saja jika banyak orang Indonesia yang tinggal di Malaysia termasuk orang Jawa. Jumlah penduduk orang Jawa di Malaysia cukup besar yang tersebar di beberapa wilayah seperti di Sabak, Bernam, Kelang dan Sepang.

3. Suriname

Suriname dulunya pernah dijajah oleh Belanda. Pada tahun 1890-an, Belanda banyak membawa orang Jawa ke negeri yang terletak di Amerika Selatan itu. Sampai sekarang sekitar 75.000 penduduk Suriname merupakan keturunan Jawa dan mereka menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

4. Belanda

Karena Indonesia dijajah Belanda, tak heran jika banyak orang Indonesia dari berbagai suku yang dibawa ke negeri Kincir Angin ini, termasuk dari suku Jawa. Maka tak heran bahasa Jawa di Belanda cukup familiar, bahkan beberapa universitas mewajibkan untuk belajar bahasa Jawa.

READ MORE

Bikin Pusing, Ini Dia 18 Jenis Kelamin Legal di Thailand

Lazimnya kita hanya mengenal dua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Di beberapa negara yang melegalkan homoseksual bahkan ada jenis kelamin ketiga yang biasa ditulis...

Mengapa Putri Disney Pakai Gaun Biru? Ternyata Ini Alasannya

Snow White (Putri Salju), Cinderella, Aurora, Ariel, Belle, Jasmine, Pocahontas, Mulan, Tiana, Rapunzel, dan Merida ada banyak karakter Putri Disney yang menonjol dalam film...

Bocah Asal Filipina Jaga Adik Sambil Sekolah, Warganet Kagum

Bocah asal Filipina bernama Justin ini tetap bersemangat mengenyam pendidikan meski harus sembari menjaga sang adik.

10 Seleb yang Tersandung Narkoba

Safiri Triesjaya Crespin menambah daftar panjang artis yang tertangkap karena kasus dugaan narkoba. Artis film televisi (FTV) ini ditangkap polisi di rumah kekasihnya, Canggih...
video

Sinopsis : Spider-Man: Homecoming

Rempong.net - Spider-Man: Homecoming adalah film pahlawan super Amerika berdasarkan Marvel Comics karakter Spider-Man yang akan tayang tahun 2017, film ini diproduksi oleh Columbia...

Komentar Anda