Orang jawa. (Foto: ublik.id)

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budayanya. Setidaknya ada lebih dari 300 suku bangsa yang tinggal di Indonesia yang tentunya mereka memiliki budayanya masing-masing, termasuk bahasa.

Selain bahasa Indonesia, negara kita ini memiliki banyak jenis bahasa daerah mulai dari bahasa Sunda, Jawa, Batak, dan masih banyak lagi. Tapi tahu tidak kalau bahasa-bahasa daerah dari Indonesia ada yang populer di luar negeri?

Salah satu bahasa daerah asli Indonesia yang populer di luar negeri adalah bahasa Jawa. Penasaran? Langsung saja berikut ulasan tentang negara-negara yang mempopulerkan bahasa Jawa. Kita sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya bangga.

1. Singapura

Negara pertama yang warganya banyak yang menggunakan bahasa Jawa adalah Singapura. Pasalnya penduduk orang Jawa di negara ini lumayan besar. Uniknya lagi di Siangpura ada kampung Jawa yang memang dihuni oleh orang Jawa asli.

Pada tahun 1825, banyak orang Jawa yang datang ke Singapura untuk bekerja sebagai buruh. Jadi tak heran jika di Singapura banyak sekali warga yang menggunakan bahasa Jawa.

Baca Juga :   VIDEO: Bahasa Jawa Dipakai di Bandara Dubai

2. Malaysia

Sebagai negara tetangga, wajar saja jika banyak orang Indonesia yang tinggal di Malaysia termasuk orang Jawa. Jumlah penduduk orang Jawa di Malaysia cukup besar yang tersebar di beberapa wilayah seperti di Sabak, Bernam, Kelang dan Sepang.

3. Suriname

Suriname dulunya pernah dijajah oleh Belanda. Pada tahun 1890-an, Belanda banyak membawa orang Jawa ke negeri yang terletak di Amerika Selatan itu. Sampai sekarang sekitar 75.000 penduduk Suriname merupakan keturunan Jawa dan mereka menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

4. Belanda

Karena Indonesia dijajah Belanda, tak heran jika banyak orang Indonesia dari berbagai suku yang dibawa ke negeri Kincir Angin ini, termasuk dari suku Jawa. Maka tak heran bahasa Jawa di Belanda cukup familiar, bahkan beberapa universitas mewajibkan untuk belajar bahasa Jawa.

READ MORE

Apa Iya, Punya 2 Unyeng-Unyeng di Kepala Berarti Anak Nakal?

Unyeng-unyeng kerap dikaitkan dengan sifat seorang anak. Ada yang menganggap bahwa anak dengan 2 pusar di kepala berarti anak yang nakal.

Jokowi Ajak Anies Baswedan Jalan Bareng Keliling Jakarta

Kedatangannya disambut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berpakaian dinas lengkap. Kedatangan Jokowi juga disambut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Foto: Inilah Android Lipat Pertama di Dunia

ZTE Axon M disebut-sebut smartphone pertama di dunia yang bisa dilipat dan punya dua layar. Hebat atau justru menyusahkan?Beginilah wujud ZTE Axon M yang...

6 Tokoh Kartun Disney Ini Terinspirasi Artis Hollywood

Jika Anda pernah berkunjung ke taman bermain Disneyland yang tersebar di beberapa negara, tentu pernah melihat beberapa orang yang berdandan menyerupai tokoh dan karakter...

KOMENTAR ANDA