Yacouba Sawadogo
Yacouba Sawadogo selama 30 tahun menghijaukan Afrika Barat © youtube.com

Mimpi dan perjuangan seorang pria ini mungkin terkesan mustahil untuk bisa tercapai. Namun nyatanya perjuangannya selama 30 tahun menghijaukan gurun gersang di Afrika Barat benar-benar mampu memecahkan krisis yang tidak dapat terpecahkan sebelumnya.

Selama bertahun-tahun Afrika Barat terkena erosi tanah parah dan pengeringan akibat dari over-pertanian dan over-populasi. Banyak peneliti nasional maupun internasional yang didatangkan untuk mengatasi persoalan tersebut, namun hasilnya tetap nihil.

Yacouba Sawadogo memutuskan untuk memecahkan masalah ini sendirian. Teknik sederhana yang diterapkan untuk melakukan penghijauan bukannya mendapat sambutan baik dari warga sekitar, namun justru menjadi bahan tertawaan.

Selama 30 tahun Yacouba seorang diri menghidupkan kembali teknik pertanian Afrika kuno yang disebut Zai untuk menghijaukan kembali tanah yang gersang.

Zai adalah teknik pertanian yang sangat sederhana dan murah. Lubang-lubang kecil di tanah yang sudah digali dengan sekop kemudian diisi dengan kompos. Bibit pohon kemudian ditanam dalam lubang kompos tersebut. Lubang tersebut juga nantinya mampu menampung air ketika musim penghujan tiba, sehingga mampu mempertahankan kelembaban dan nutrisi ketika musim kemarau datang.

Dengan Teknik Zai, puluhan ribu hektar lahan kini kembali produktif © youtube.com

Hasilnya, berkat Yacouba puluhan ribu hektar lahan kini kembali produktif hanya dalam jangka waktu 20 tahun. Hingga membuatnya mendapat julukan ‘The Man Who Stopped Desert’.

Bahkan, perjuangan dan kegigihan Yacouba Sawadogo juga difilmkan pada tahun 2010. Film berjudul The Man Who Stopped Desert ini bercerita tentang seorang laki-laki yang menyelamatkan ribuan petani seorang diri di seluruh wilayah Sahel Afrika dimana tersebut merupakan salah satu wilayah yang paling parah mengalami penggurunan di dunia.

Kini mereka yang mencibir bisa lihat hasil nyata perjuangan ‘The Man Who Stopped Desert’ untuk tanah Afrika!

READ MORE

Perusahaan Ini Larang Karyawan Duduk Saat Bekerja, Alasannya?

Kamu pasti sedang membaca artikel ini dari komputer kantor sambil duduk-duduk santai di kursi kan? Ternyata di Jepang sana, ada satu perusahaan yang malah...

Keren, Mobil Jenazah Mewah dari Alphard

Mobil jenazah selama ini identik dengan kesan kendaraan sederhana lengkap bersama sirine di atasnya. Namun ada sebuah produsen asal Jepang bernama Mitsuoka Motor yang...

Monalisa KW Asal China, Asli Bikin Ngakak

Para pemeran monalisa dalam adegan tiruan lukisan itu merupakan mahasiswa College of Furnishings and Industrial Design.
video

Video: Aksi Nekat Minibus Lawan Arus di Jalan Tol Semarang

https://youtu.be/d0Nq2fq6gOs Rempong.net - Video rekaman sebuah kendaraan minibus yang nekat melawan arus di Jalan Tol Ungaran - Banyumanik menjadi viral di media sosial. Menurut pihak...

Indonesia Libas Myanmar, Netizen: Terima Kasih Garuda Muda

Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil melimbas tuan rumah Myanmar dengan skor 7-1 di Piala AFF U-18. Meski tak menjadi juara, masyarakat Indonesia tetap bangga...

Komentar Anda