Tradisi Unik Menyambut Lebaran di indonesia
Tradisi Unik Menyambut Lebaran di indonesia (Foto : Berbagai Sumber)

Rempong.net – Hampir seluruh masyarakat Indonesia yang kebanyakan menganut agama Islam dan tentunya oleh seluruh umat Muslim di berbagai negara–menanti-nanti datangnya Lebaran. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri juga dianggap sebagai hari kemenangan bagi umat Muslim di dunia.

Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragam islam, ternyata memiliki beragam cara untuk merayakan dan menyambut hari Lebaran. Setiap daerah di Indonesia mempunyai tradisinya masing-masing yang berbeda satu sama lain.

Keberagaman tradisi dalam menyambut Lebaran yang dilakukan oleh penduduk Indonesia dari berbagai daerah ini memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda, yaitu untuk merayakan kebersamaan saat Idul Fitri. Hal ini menjadi salah satu kekayaan dan keindahan yang dimiliki Indonesia.

Lalu apa sajakah tradisi-tradisi tersebut? Berikut 10 tradisi Lebaran di berbagai daerah di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 17 Juni 2018. Unik dan sangat beragam, lho.

Tradisi Bedulang
(Sumber t5belitungtour.com)

1. Bedulang

Penduduk Bangka di kepulauan Bangka Belitung mempunyai tradisi unik untuk merayakan momen kebersamaan saat Lebaran, yaitu Bedulang.

Tradisi yang biasanya dilakukan setelah bersilahturahmi dan bermaaf-maafan ini merupakan tradisi makan begara yang artinya makan bersama. Namun karena penyajiannya menggunakan tudung saji, akhirnya disebut juga dengan nama bedulang.

Uniknya, saat menyantap makanan kamu nggak boleh pakai sendok dan diharuskan pakai tangan. Jadi harus cuci tangan dulu, dengan aturan orang yang paling tua dulu yang cuci tangan, baru kemudian dilanjutkan oleh yang muda-muda.

Back

READ MORE

Viral Foto Daniel Daryan, Paspampres Tampan Saat Pernikahan Kahiyang

Beberapa tamu lainnya justru terpukau akan ketampanan salah seorang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang sedang bertugas

Wonder Woman 2 Akan Berlatar Tahun 1984

Wonder Woman 2 dipastikan bakal melompati era Perang Dunia II. Petunjuk yang diberikan mengindikasikan film ini jelas akan berada pada era Perang Dingin.

Logan Ireland, Tentara Yang Bertunangan Dengan Sesama Transgender

Belum lama ini santer dikabarkan bahwa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump hendak melarang dan membatasi bertugasnya tentara transgender. Menteri Pertahanan Amerika Serikat terkejut dengan...

Bisa Buktikan Chat Rizieq Asli, Petani Ini Siapkan Fortuner

Rempong.net - "Ambil mobil Fortuner saya plat BD 99 MZ. Demi Allah saya ridho dunia akhirat," tulis akun Facebook bernama Uskub Muzamil yang diunggah...

KOMENTAR ANDA