Masyarakat Indonesia melakukan berbagai tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadan. Selain Tradisi Nyadaran yang dilakukan masyarakat Temanggung, ada satu lagi tradisi unik yang dilaksanakan oleh warga Semarang.

Adalah Karnaval Dugderan, agenda tahunan Kota Semarang yang dilaksanakan tepat 1 hari sebelum memasuki bulan Ramadan.

Dilansir dari semarang.com, sejak pertama kali digelar, dugderan digunakan sebagai sarana informasi Pemerintah Semarang pada masyarakat tentang kehadiran bulan Ramadan. Kata dugder berasal dari perpaduan bunyi dugdug, dan adanya bunyi meriam yang mengikuti. Bunyi meriam tersebut kemudian diasumsikan dengan der.

Meriahnya dugderan tak hanya terjadi pada puncak acara festival. Seminggu sebelum puncak festival, digelar pasar rakyat yang menjual aneka macam barang. Seperti mainan tradisional, busana muslim, hingga ragam kuliner yang tumpah ruah.

Dugderan hadir dari keinginan Pemerintah Kota Semarang, yang saat itu bertekad untuk menyatukan perbedaan pendapat mengenai penentuan dimulainya bulan Ramadan. Kanjeng Bupati RMTA Purbaningrat adalah sosok yang memulai karnaval ini di tahun 1881.

Ia menggelar acara penabuhan bedug Majid Agung dan membunyikan meriam di halaman kabupaten, masing-masing dibunyikan tiga kali. Sebelumnya telah diadakan upacara di halaman kabupaten.

Uniknya Karnaval Dugderan Semarang

Acara ini biasa diikuti oleh pasukan berpakaian merah putih, drum band, pasukan pakaian adat, meriam, warak ngedok, dan berbagai kesenian di Kota Semarang.

Ada satu hal yang unik dalam acara satu ini, yaitu keberadaan Warak Ngendok–makhluk imajiner– yang hanya bisa dijumpai dalam Karnaval Dugderan.

Warak Ngendok ditampilkan menyerupai sosok binatang dengan mulut menganga lebar dan lidah menjulur, tak lupa kaki makhluk ini dihiasi dengan rantai. Warak Ngendok adalah simbol dari menahan hawa nafsu selama bulan Ramadan.

Dugderan telah menjadi karnaval tahunan yang selalu dinantikan. Meski ada beberapa perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, makna dugderan tak pernah berkurang.

Komentar Anda