Babi Kutil Bawean
Babi kutil di Jawa atau Sus verrucosus (Credit: Roland Seitre/naturepl.com)

Rempong.net – Pada Desember 2017, seekor babi asal Indonesia jadi sorotan dunia. Babi itu punya nama Javan warty pig atau babi kutil (Sus verrucosus). Spesies babi tersebut adalah yang paling langka sekaligus paling jelek di dunia.

Bukan karena spesiesnya saja yang langka, melainkan ada hal lain yang membuatnya begitu jadi perhatian.

Dikutip dari laman BBC, babi ini rupanya lekat dengan wajahnya yang jelek. Dikatakan demikian karena babi jantan itu memiliki tiga pasang tonjolan daging yang mengeras seperti kutil di sisi wajahnya.

Hewan itu hanya tersebar secara terbatas (endemik) di Pulau Jawa dan Bawean. Awalnya, ilmuwan mengkhawatirkan nasib babi kutil, yang berhabitat di Jawa, pulau dengan populasi terpadat di Indonesia.

Praktik perburuan liar dan deforestasi menjadi ancaman bagi eksistensinya. Namun, kabar melegakan muncul. Untuk kali pertamanya, kamera jebakan (camera trap) berhasil mengabadikan penampakan babi kutil di alam liar.

Rupanya, julukan hewan jelek tak hanya disematkan untuk babi kutil ini saja. Ada sederet berpredikat sama.

Seperti dikutip dari laman Wonderlist, Minggu (28/1/2018), berikut 5 hewan paling jelek di dunia:

1. Monyet Bekantan

Monyet Bekantan

Monyet bekantan punya ciri-ciri hidung yang besar dan panjang. Hewan ini hidup dan banyak ditemukan di Pulau Kalimantan.

Identik dengan hidungnya yang lonjong dan besar, membuat banyak orang mudah ingat dengan monyet yang satu ini.

Menariknya, bayi monyet bekantan lahir dengan wajah biru dan hidung yang kecil. Namun, semakin dewasa, mukanya berubah dan hidung besar sehingga terlihat jelek.

Meski demikian, ia masuk dalam daftar spesies yang terancam punah dan wajib untuk dilindungi.

2. Burung Kalkun Turki

Burung Kalkun Turki

Tubuhnya yang besar membual kalkun istimewa di banding jenis burung lainnya.

Namun, dari sekian banyak jenis kalkun, ada satu yang penampilannya paling banyak menerima ‘kritikan’. Ya… kalkun Turki.

Jenis kalkun ini dinilai sebagai hewan paling jelek karena memiliki pandangan mata jahat dan tajam bak pisau, kepalanya pun botak, dan leher yang berekerut.

Hobinya makan bangkai hewan. Indera penciumannya begitu tajam dan mengincar bangkai hewan apa saja.

3. Tikus Star-Nosed Mole

Tikus Star-Nosed Mole

Binatang paling jelek lainnya kali ini adalah penduduk Amerika Utara. Tikus ini disebut jelek karena punya hidung yang terbilang aneh.

Pada hidungnya, terdapat 22 tentakel berdaging. Hidung ini sendiri punya fungsi untuk mendeteksi getaran yang ada di sekitarnya.

Tikus ini juga kerap ditemukan di daerah basah terutama Kanada bagian timur.

4. Monkfish

Monkfish

Mongkfish adalah ikan yang berwujud aneh. Bentuknya menyerupai ikan lele dan merupakan penghuni laut dalam.

Hewan ini biasanya hidup di Samudra Arktik, Pasifik dan Hindia. Ikan ini sangat mencolok karena punya bagian kepala yang besar dan lebar.

Monkfish pun juga tergolong sebagai hewan karnivora. Punya mulut yang besar juga punya gigi yang tajam. Ia pun juga sering memangsa ikan lain yang berukuran kecil.

5. Blobfish

Blobfish

Blobfish adalah disebut-sebut sebagai hewan yang punya rupa paling jelek di dunia, terutama di kalangan spesies ikan.

Ikan ini hidup di perairan dalam Pasifik Selatan, maka dari itu keberadaannya jarang ditemui oleh manusia.

Blobfish adalah jenis ikan yang “tak bisa tersenyum:. Selain itu, jenis ikan ini juga bukan hewan yang aktif. Bahkan dianggap tak terlalu berenergi.

READ MORE

video

Hadeh, Sedan Ini Nyemplung Ke Laut Karena Tak Sabar Keluar Dari Kapal

Rempong.net - Ketidaksabaran bisa mendatangkan petaka bagi diri sendiri dan juga orang lain. Tapi sebaliknya kesabaran akan menjauhkan kita dari petaka. Jiwa penyabar harus...

5 Supercar Gila-gilaan di Jalur Off-Road

Umumnya pemilik supercar menyimpan mobil mereka di garasi, dan hanya memakainya sesekali untuk memanaskan mesin. Hal itu wajar, mengingat mobil-mobil tersebut banderolnya sangat mahal, dan...

Ini 4 Pedang Paling Bersejarah dalam Sejarah Dunia

Pedang diciptakan pertama kalinya pada Zaman Perunggu. Peninggalan pedang berbahan tembaga itu ditemukan di situs purbakala di Pakistan. Menjelang Abad Pertengahan, pedang besi dan baja...

Kocak, Ini Chat Lucu Drive Ojek Online

Ketika memesan ojek online, kita biasanya menghubungi sang driver untuk koordinasi posisi penjemputan. Tapi, ada beberapa kejadian lucu dari situ. 1. Patrick, karakter bintang laut...

6 Minuman Tradisional yang Masih Eksis Hingga Kini

Indonesia memiliki lebih dari 13 ribu pulau yang terdaftar. Kebayang kan, berapa banyak kuliner yang dimiliki di Nusantara ini? Nah, dari sekian banyak kuliner,...

Komentar Anda