tukang tambal ban

Rempong.net – Saat kondisi memaksa, terkadang seseorang bisa menjadi begitu kreatif. Dalam kehidupan nyata, hal itu juga berlaku saat seseorang terdesak untuk mencari nafkah untuk menghidupi diri sendiri atau keluarganya.

Beruntung untuk kamu yang mengenyam pendidikan tiggi dan bisa diterima menjadi pegawai sebuah perusahaan. Beberapa masyarakat yang kurang beruntung, harus bersusah payah mencari pekerjaan.

Tak mau pasrah dengan keadaan, beberapa orang memilih pekerjaan apapun asal mendapatkan uang dan pastinya halal. Tak heran kita bisa menemukan profesi-profesi unik yang mungkin cuma hanya di Indonesia.

Dikutip dari blog.duitpintar.com, Minggu 21 Januari 2018, setidaknya ada lima pekerjaan unik yang bisa kamu temukan di Indonesia. Apa saja profesi itu?

1. Pak Ogah

Nah, profesi unik ini hampir ada di semua kota di Indonesia. Mereka membantu kendaraan untuk menyeberang atau putar balik arah di jalan raya. Pak ogah ini tidak mematok bayaran, tetapi menerima bayaran seikhlasnya. Bayarannya, biasanya Rp500 sampai dengan Rp2 ribu.

2. Pawang Hujan

Pawang Hujan
ilustrasi

Pekerjaan ini memerlukan ‘kemampuan khusus’ untuk menjadikan langit terang benderang meskipun pekat karena mendung. Nah, pawing hujan biasanya dibutuhkan saat hajatan tertentu. Bayarannya berapa? Jika ingin acara dijaga selama 1-2 jam, bayarannya sebesar Rp1 juta-Rp2 juta. Kalau sekitar 3 jam, bayarannya sebesar Rp3 juta.

3. Penukar Uang

Penukar Uang

Di luar negeri, tempat menukar uang biasanya hanya dilakukan di money changer. Tapi di Indonesia juga ada. Bahkan, ada juga versi informalnya. Profesi ini bersifat musiman. Biasanya para penukar uang dadakan muncul sebelum Lebaran, menyediakan jasa penukaran uang pecahan kecil. Ada marjin tertentu yang dipatok untuk menukar uang.

4. Tukang Parkir

Foto : batampos.co.id

Di luar negeri, profesi ini akan sulit ditemukan. Di Indonesia? Tukang parkir ini ada di halaman toko atau pinggir jalan yang biasanya banyak kendaraan yang akan diparkir. Bayaran tukang parkir ini beragam.

Ada yang mematok tarif Rp2 ribu dan ada juga yang Rp5 ribu. Ada dua tukang parkir di Indonesia. Yang pertama, tukang parkir sejati yang bertugas untuk memarkir dan mengatur kendaraan yang diparkir di depan toko/ruko/rumah makan. Ada juga tukang parkir dadakan yang kerap muncul untuk meminta tarif parkir, padahal tidak membantumu untuk parkir kendaraan dan menyeberang.

5. Tukang Tambal Ban

tukang tambal ban
Foto : tribunbogor

Di sini, Anda bisa sangat mudah menemukan tukang tambal ban di pinggir jalan. Jadi, tak perlu jasa derek kendaraan kalau ban mobil/sepeda motor bocor. Biasanya, biaya sekali tambal ban sebesar Rp10 ribu-Rp15 ribu.

READ MORE

Ini 5 Pertanda Anda Salah Pilih Pasangan Asmara

Apakah pasangan romantis Anda tepat bagi Anda? Apakah sekarang saatnya untuk melangkah maju (move on)? Tidak ada jawaban tunggal atas pertanyaan itu karena situasi setiap...

5 Warna Eyeliner yang Bikin Riasan Wajah Tampak Lebih Seru

Bagi Anda pecinta makeup, tentu tak pernah pergi keluar rumah tanpa eyeliner, bukan? Selain warna hitam, pernakah Anda mencoba mencoba warna lainnya untuk membuat...

5 Fakta Mengejutkan Bos Amazon, Orang Paling Tajir di Dunia

CEO sekaligus pendiri Amazon Jeff Bezos kini menjadi orang paling kaya di dunia.

5 Fakta Jason Momoa, si Aquaman Perkasa di Justice League

Bagi yang sudah menonton film Justice League, atau setidaknya teaser film dari DC Universe ini, pasti sudah akrab dengan sosok Aquaman yang diperankan Jason Momoa.

Diet Aneh, Makan 150 Buah Pisang Per Minggu

Seorang pelajar, Dane Nash belum lama ini menghebohkan dunia maya lantaran mengaku menghabiskan 150 buah pisang setiap minggu. Setiap minggu ia sarapan dengan 12...

Komentar Anda