Mengakses media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter, menjadi aktivitas menyenangkan. Namun tak jarang mereka menghabiskan waktu hanya untuk mengakses media sosial, hingga akhirnya kecanduan dan tak bisa sehari saja tanpa itu.

Tidak bisa dipungkiri, media sosial saat ini sudah menjadi “makanan” bagi sejumlah orang sehari-hari. Mereka tidak bisa lepas begitu saja, terlebih jika sudah menggunakannya selama bertahun-tahun.

Bisa dikatakan ciri-ciri orang yang kecanduan media sosial di antaranya sering lupa waktu dan selalu ingin mengaksesnya.

Jika kalian salah satu di antaranya, ada beberapa tips untuk mengatasinya seperti Rempong.net rangkum dari Jalantikus.com, Kamis (05/10/2017).

1. Kuatkan Niat

Semuanya berawal dari niat. Tanpa hal itu, sepertinya mustahil akan bisa berhasil. Oleh karena itu, kalian harus benar-benar memiliki niat agar tidak kembali ke kebiasaan tersebut.

Jika kalian memiliki waktu senggang, kalian harus menahan diri untuk membuka media sosial. Isi waktu senggang dengan berbagai kegiatan lain seperti membaca buku, beribadah, belajar atau mengerjakan kegiatan lain.

2. Logout Semua Akun

Langkah selanjutnya adalah logout semua akun media sosial jika sedang tak digunakan. SaaT ingin mengaksesnya lagi, kalian tentu harus memasukkan username dan password terlebih dahulu. Nah mungkin bagi sebagian orang aktivitas seperti ini merepotkan, tapi justru bisa membantu kalian berpikir dua kali untuk membuka akun media sosial.

Seandainya memang tidak bisa lepas sepenuhnya dari media sosial, setidaknya biasakan menahan diri untuk tidak sesering mungkin mengaksesnya. Artinya, membuka media sosial jika memang benar-benar diperlukan.

Selain itu, tidak ada salahnya memberikan hukuman atas peraturan penggunaan media sosial. Misalnya jika membuka media sosial untuk melihat berbagai hal yang sebenarnya tidak penting, kalian bisa memberikan hukuman untuk diri sendiri. Hukumannya mungkin bisa berupa mencubit tangan atau yang lainnya, sampai benar-benar lepas dari kecanduan tersebut.

Kalian bisa mencoba tips nomor satu dan dua selama dua bulan. Biasanya setelah terbiasa, kalian tidak akan tergantung pada media sosial lagi.

3. Hapus Akun Media Sosial

Jika tips di atas tidak manjur juga, kalian bisa melakukan cara terakhir yaitu menghapus akun. Cara ini memang cukup ekstrem, terlebih jika melihat media sosial sudah menjadi layanan populer yang selalu diakses setiap hari oleh sejumlah orang.

Namun, Kalian bisa merasa jauh lebih produksi karena sudah tidak lagi mempunyai akun dan merasa tergantung pada media sosial.

Sebenarnya mengakses media sosial bukan kegiatan yang salah, apalagi jika menggunakannya untuk berbisnis dan menggali ilmu. Di tengah perkembangan teknologi dan internet, media sosial memang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Oleh karena itu, kalian juga harus lebih bijak dalam menggunakannya dan jangan biarkan waktu terbuang percuma.

READ MORE

Pelaku Pesta Gay di Cianjur Janjian via Aplikasi Android

Mereka membuat janji untuk melakukan pesta seks di Cianjur, tepatnya di salah satu villa di Cipanas.

Transformers Bumblebee Munculkan Optimus Prime?

Setelah Transformers: The Last Knight yang disutradarai Michael Bay rilis, waralaba film Transformers tetap berlanjut di film Transformers: Bumblebee. Terlepas banyaknya yang mencemooh The...

Tak Bisa Sewa Ambulan, Pria Ini Gendong Jenazah Istri Pakai Motor

Rempong.net - Kehilangan seseorang yang dicintai dalam hidup memang menyedihkan. Namun kisah seorang pria di India ini pasti akan membuatmu menangis. Tak hanya kehilangan...

Asal Muasal Hoax Beras Plastik: dari China Menyebar ke Dunia

Hingga saat ini belum ada bukti kuat bahwa memang ada beras atau nasi yang terbuat dari plastik di pasaran. Namun demikian masyarakat begitu gempar...

Ingat Pengemis Galak di Medan, Dulu Pernah Ikut Indoesian Idol

Masih ingat sosok pengemis galak yang sempat heboh di media sosial beberapa waktu lalu. Wanita bertubuh gempal itu memaksa pengendara mobil memberikan uang padanya. Dia...

Komentar Anda