Smartphone 5G
Smartphone reference design 5G besutan Qualcomm. (Foto: Qualcomm)

Setelah 4G, para pelaku industri telekomunikasi sibuk mengembangkan teknologi seluler generasi ke-5 atau 5G. Qualcomm, salah satunya, pekan ini mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba 5G di perangkat mobile.

Perangkat dimaksud adalah sebuah smartphone pertama yang dibekali kemampuan 5G lewat modem X50. Chip modem ini dipasangkan dengan prosesor Snapdragon sebagai pendamping.

Smartphone yang dimaksud dibikin sebagai desain referensi untuk pabrikan lain. Lewat itu, Qualcomm sekaligus mendemonstrasikan kemampuannya membenamkan teknologi 5G dalam chip tunggal X50 dan antena milimeter wave untuk keperluan transmisi data di ponsel.

“Dengan membuat desain smartphone 5G ini, kami bisa memulai pengujian di lapangan,” ujar Sherif Hanna, Staff Manager Product Marketing 4G and 5G Qualcomm. “Miniaturisasi modul antena adalah teknologi hak milik Qualcomm dan akan memberikan kelebihan bagi kami.”

Sebagaimana dikutip dari PC Magazine, Kamis (19/10/2017), teknologi 5G Qualcomm mengandalkan gelombang milimeter wave dengan frekuensi setinggi 28 GHz.

Kecepatan transfer datanya dalam pengujian diklaim mencapai hitungan “gigabit” dan bisa mencapai 5 Gigabit per detik saat sudah diimplementasikan secara penuh nanti.

Antena 5G milimeter wave yang dibenamkan di smartphone referensi Qualcomm disebut berukuran lebih kurang sebesar keping uang logam 10 sen Amerika Serikat (diameter 17,91mm). Sebanyak dua buah antena bisa ditanamkan di satu unit smartphone.

Desain ponsel 5G dari Qualcomm bakal digunakan sebagai basis referensi dalam memproduksi model smartphone 5G masing-masing. Konsumen diperkirakan baru bisa mulai membeli smartphone 5G pada pertengahan 2019.

READ MORE

Apa Itu Pil PCC Atau Mumbul Yang Bikin 47 Orang di Kendari Seolah Tak Waras

Beberapa waktu lalu puluhan remaja di Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami hal aneh setelah mengonsumsi pil yang disebut mumbul. Sempat muncul kecurigaan bahwa mumbul adalah...

Barokah, Warnet Ini Gratis 3 Jam Bagi Pengunjung Yang Ngaji 1 Juz

Rempong.net - Warnet atau warung internet sering dipandang negatif, dikarenakan beberapa oknum warnet membebaskan usernya untuk mencari konten-konten berbau pornografi. Namun apa yang dilakukan...
video

VIDEO: Viral, Gorila Berjalan Tegak seperti Manusia

Video tentang seekor gorila di Kebun Binatang Philadelphia, Amerika Serikat, menjadi viral baru-baru ini. Sebab, dia berjalan layaknya manusia.

Usai Tabrak Driver Ojol, Tiara Ayu Fauziah Mencoba Kabur

Kecelakaan antara Tiara Ayu Fauziah dengan driver ojek online bernama Mohamad Nur Irfan itu berlangsung Jakarta Pusat. Kecelakaan bermula ketika Tiara melaju dengan kecepatan tinggi dan akhirnya menabrak motor Irfan, luka parah pun tak bisa dihindari Irfan.

4 Versi Kisah Sedih yang Diyakini Asal-Usul Hari Valentine

Tahukah Anda dari mana asal-usul Valentine itu berasal? Ada banyak kisah dalam beberapa versi sejarah yang diklaim sebagai cikal bakal perayaan Valentine.

Komentar Anda