Smartphone 5G
Smartphone reference design 5G besutan Qualcomm. (Foto: Qualcomm)

Setelah 4G, para pelaku industri telekomunikasi sibuk mengembangkan teknologi seluler generasi ke-5 atau 5G. Qualcomm, salah satunya, pekan ini mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba 5G di perangkat mobile.

Perangkat dimaksud adalah sebuah smartphone pertama yang dibekali kemampuan 5G lewat modem X50. Chip modem ini dipasangkan dengan prosesor Snapdragon sebagai pendamping.

Smartphone yang dimaksud dibikin sebagai desain referensi untuk pabrikan lain. Lewat itu, Qualcomm sekaligus mendemonstrasikan kemampuannya membenamkan teknologi 5G dalam chip tunggal X50 dan antena milimeter wave untuk keperluan transmisi data di ponsel.

“Dengan membuat desain smartphone 5G ini, kami bisa memulai pengujian di lapangan,” ujar Sherif Hanna, Staff Manager Product Marketing 4G and 5G Qualcomm. “Miniaturisasi modul antena adalah teknologi hak milik Qualcomm dan akan memberikan kelebihan bagi kami.”

Baca Juga :   6 Aplikasi Android yang Bisa Beri Pulsa Gratis

Sebagaimana dikutip dari PC Magazine, Kamis (19/10/2017), teknologi 5G Qualcomm mengandalkan gelombang milimeter wave dengan frekuensi setinggi 28 GHz.

Kecepatan transfer datanya dalam pengujian diklaim mencapai hitungan “gigabit” dan bisa mencapai 5 Gigabit per detik saat sudah diimplementasikan secara penuh nanti.

Antena 5G milimeter wave yang dibenamkan di smartphone referensi Qualcomm disebut berukuran lebih kurang sebesar keping uang logam 10 sen Amerika Serikat (diameter 17,91mm). Sebanyak dua buah antena bisa ditanamkan di satu unit smartphone.

Desain ponsel 5G dari Qualcomm bakal digunakan sebagai basis referensi dalam memproduksi model smartphone 5G masing-masing. Konsumen diperkirakan baru bisa mulai membeli smartphone 5G pada pertengahan 2019.

READ MORE

video

Video : Master Kung Fu Tarik Bus dengan Alat Vital

Tiongkok sepertinya tak pernah habis menghadirkan cerita-cerita heboh. Kali ini giliran aksi seorang master kung fu yang menarik sebuah bus menggunakan alat vitalnya. Aksi...

Pengusaha Asal Tulungagung Bayar Utang Rp4,5 M, Ternyata Uangnya Palsu

Mujiono awalnya akan melakukan pelunasan kredit senilai Rp4,5 miliar di Bank Central Asia (BCA) secara tunai. Dia datang ke kantor BCA dengan membawa kardus yang diyakini berisi uang.

Berhenti Merokok & Menabung, Keluarga Ini Mudik Pakai Motor Baru

Rempong.net - Bagi sebagian orang, berhenti merokok cukup susah. Namun selagi ada niat dan komitmen tak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini...

Langkah Tegas Pemerintah Sikapi Aksi Kekerasan pada Etnis Rohingya

Pemerintah Indonesia secara tegas mengecam aksi kekerasan yang menimpa etnis muslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar.Presiden Joko Widodo menyesalkan terjadinya tindak kekerasan yang terjadi...

Video remaja mesum di hotel bikin heboh warga Samarinda

Warga Samarinda, Kalimantan Timur, dibikin heboh dengan penyebaran video remaja putra putri diduga dilakukan di dalam kamar hotel. Salah satu pemerannya diduga mantan siswa...

KOMENTAR ANDA