Hewan adalah makhluk yang harus kita hargai, karena bagaimanapun juga, semua makhluk hidup berhak untuk tinggal di Bumi ini. Bahkan, tak cuma manusia yang akan berbuat jahat ketika mereka diganggu, hewan pun demikian.

Beberapa hewan terkadang memiliki bentuk yang imut. Namun tidak berarti hewan dengan tampang yang terlihat tidak berbahaya, tidak akan membunuh Anda. Pada dasarnya, semua makhluk punya insting yang sama untuk bertahan hidup dan bertahan dari ancaman.

Berikut beberapa hewan yang dari luar tampak imut, namun diam-diam Anda bisa dibunuh olehnya.

1. Kukang Kayan

Kukang Kayan yang lebih dikenal sebagai Loris, adalah primata nokturnal yang cukup dekat secara famili dengan lemur. Secara bentuk, kukang Kayan yang berasal dari pedalaman Dayak Kayan di Kalimantan ini, sangat menggemaskan. Namun jika Anda membelainya, Anda akan habis.

Kukang Kayan dikenal memiliki gigitan berbisa yang sangat beracun. Gigitan mereka bisa menyebabkan kejutan anafilaksis dan akan membunuh secara instan kecuali Anda mendapat pertolongan pertama.

Kukang Kayan adalah spesies yang terancam punah. Parahnya, eksplorasi terhadap berbagai fauna di Borneo masih belum maksimal, ditambah dengan aktivitas manusia yang mengancam keberadaan mereka.

2. Luwak madu

Meski imut, luwak madu atau ‘honey badger,’ adalah binatang yang terkenal paling berani sedunia. Bahkan hewan ini pernah masuk Guinness Book of Records dengan titel binatang paling berani. Tak cuma karena dia akan masuk ke sarang lebah untuk mendapat madu kesukaannyatanpa takut, namun dia berani menyerang hewan apa pun yang menjadi lawannya, meski ukurannya lebih besar.

Hewan-hewan yang mau dilawan dan akan jadi mangsa dari luwak madu ini cukup beragam dan mengerikan, antara lain buaya kecil, ular kobra, serigala, dan kucing hutan. Belum lagi dia suka untuk berburu sendiri. Jadi tak cuma dia adalah binatang yang tangguh, dia sebenarnya suka cari masalah dengan memangsa berbagai variasi binatang di berbagai habitat.

Yang lebih mengerikan, luwak madu punya ketahanan yang luar biasa. Jika ia digigit ular berbisa, ia akan pulih dalam 5 jam saja. Oleh karena itu masyarakat di dunia barat punya frase yang merujuk ke binatang ini: “Luwak madu tidak peduli.”

3. Koala

Foto: Pixabay.com

Bertentangan dengan betapa menggemaskannya binatang ini, Koala memiliki cakar yang panjang dan tajam, serta gigi tajam dan rahang yang kuat. Sudah banyak kasus terjadi di mana Koala mampu menyerang anjing, bahkan manusia ketika mereka terancam.

Uniknya, perilaku mereka sesungguhnya sama sekali tak mengancam. Pola makannya yang hanya berupa daun kayu putih, membuatnya tidur lebih dari 3/4 hari.

4. Panda Merah

Tak bisa dimungkiri, Panda Merah adalah salah satu hewan paling menggemaskan yang hidup di muka Bumi. Panda merah, yang juga dikenal sebagai firefox, adalah pemangsa yang ganas.

Ia merupakan hewan yang penyendiri, dan memang tak seberapa berbahaya jika ia sendiri. Namun di masa mereka berburu dalam kawanan, mereka bisa melahap mangsa yang jauh lebih banyak dari jumlah mereka. Hal bisa terjadi lantaran gigi dan cakar tajam mereka yang disebut-sebut “bisa merobek daging mangsa semudah mentega.”

5. Tasmanian Devil

Foto: Pixabay.com

Binatang yang gerakannya cukup cepat ini dibuat terkenal oleh Looney Tunes melalui karakter dengan nama yang sama. Bentuk dari Tasmanian Devil sebenarnya tak terlalu mirip dengan karakter kartunnya, namun jika bicara betapa mengerikannya hewan ini, hal ini tak perlu dipertanyakan lagi.

Binatang asli Australia ini akan segera marah dan agresif jika tertekan, terlebih lagi ketika bertarung untuk berebut pasangan atau mempertahankan stok makanannya. Dia akan menyerang musuh dengan gigitan dan cakarnya, serta aumannya yang parau dan memuakkan.

Dia adalah super predator, sesuai dengan titel yang disandangnya yakni binatang karnivora marsupial terbesar di dunia, meski bentuknya sebenarnya imut. Daftar mangsanya adalah ular, burung, ikan, dan serangga. Selain itu dia juga dengan senang hati melahap bangkai binatang lain secara berkerumun.

Yang lebih mengerikan lagi, dia akan memakan mangsanya hingga habis. Bahkan kulit berbulu, tulang dan organ, semua dilahapnya habis. Hal inilah yang disaksikan oleh para penjelajah Eropa ketika pertama kali datang ke Australia dan melihat binatang ini, lalu memberinya nama Tasmanian Devil. Jadi, jangan coba dekat-dekat jika Anda melihatnya.

6. Anjing

Foto: Pixabay.com

Sahabat terbaik manusia ternyata juga bisa jadi pembunuh paling sadis manusia pula.

Sifat sahabat dari anjing akan jadi berkebalikan jika mereka terkena penyakit atau liar, dan karena hal tersebut, mereka bisa agresif.

Cukup mengerikan, disebabkan oleh serangan dan gigitan anjing, per tahunnya ada 25.000 kasus kematian karena hal tersebut.

Komentar Anda