Bagi sebagian orang, main gim di smartphone, komputer, atau konsol gim dianggap sebagai hal yang paling menyenangkan dan menghibur. Saking senangnya, banyak orang yang sampai lupa waktu saat sedang bermain gim.

Tentunya, segala hal yang berlebihan memiliki dampak negatif, termasuk kebanyakan bermain gim. Bagi kamu yang sering lupa waktu dan tak bisa berhenti main gim, berikut adalah beberapa bahaya bermain gim terlalu lama.

1. Kecanduan

Jika kamu terlalu lama bermain gim tentu bisa menyebabkan kecanduan dan tak bisa berhenti main gim. Bahkan, hasil studi yang dilakukan Iowa State University menyebut, sekitar 4-10 persen orang yang bermain gim dengan waktu normal juga bisa kecanduan gim.

2. Obesitas

Bermain gim terlalu lama ternyata juga bisa menimbulkan obesitas. Bagaimana tidak, saat asyik bermain gim biasanya seseorang terus duduk dalam jangka waktu lama tanpa bergerak sama sekali. Jika aktivitas main gim dibarengi dengan makan cemilan, bahaya obesitas pun mengintai.

3. Kebutaan

Kerusakan pada mata juga merupakan bahaya bermain gim terlalu lama. Oktober 2017, seorang wanita asal Guangdong, Tiongkok, mendadak buta karena bermain gim mobile Honour of Kings selama 24 jam non-stop. Wanita bernama Wu Xiaojing ini kehilangan penglihatan sebelah kanan dan belakangan Wu didiagnosa menderita oklusi retina mata kanan.

Biasanya hal ini terjadi pada orangtua dan jarang ditemui pada remaja, namun karena ketegangan mata yang cukup parah kebutaan terjadi pada Wu.

4. Kejang-Kejang

Mayoritas penderita epilepsi berpotensi mengalami kejang-kejang jika bermain gim terlalu lama. Hasil penelitian yang dilakukan National Institutes of Health menyebut, 27 dari 35 penderita epilepsi mengalami kejang karena terlalu lama main gim.

5. Kerusakan Punggung Bawah

Bahaya lain dari bermain gim terlalu lama adalah kerusakan punggung bawah. Lazimnya gejala ini dialami orang yang sudah berusia lanjut. Namun berdasarkan laporan European Spine Journal, bermain gim ternyata berhubungan dengan punggung manusia. Jika seseorang bermain gim terlalu lama, berapa pun usianya, ia rentan mengalami kerusakan punggung, terutama di bagian bawah.

Bila kamu yang berlebihan saat main gim, harus lebih pandai mengatur waktu main gim. Jangan sampai hal-hal di atas kamu alami ya.

Via : jalantikus.com

READ MORE

Sedih, Seorang Bapak Penjual Pisang Dirampok di Bulan Puasa

Rempong.net - Bulan puasa seharusnya menjadi bulan yang dimanfaatkan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Namun tak semua orang menyadari hal tersebut. Sebab belum lama ini...

Usai Tabrak Driver Ojol, Tiara Ayu Fauziah Mencoba Kabur

Kecelakaan antara Tiara Ayu Fauziah dengan driver ojek online bernama Mohamad Nur Irfan itu berlangsung Jakarta Pusat. Kecelakaan bermula ketika Tiara melaju dengan kecepatan tinggi dan akhirnya menabrak motor Irfan, luka parah pun tak bisa dihindari Irfan.

Viral Pria Merokok di Atas Pesawat, Ditegur Petugas Malah Melawan

Video tersebut diunggah oleh seorang bule yang kebetulan berada di dalam pesawat yang sama dan merekam kejadian tersebut. Menurut bule bernama Manuel Buchaher itu, pesawat yang ia tumpangi akan berangkat ke Bali dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Cerita Fotografer di Balik Meme “Distract Boyfriend” yang Populer, Seperti Apa?

Foto seorang pria yang melirik wanita lain saat sedang berjalan bersama pacarnya sempat populer beberapa waktu lalu. Foto itu sendiri dikenal dengan nama distract...

5 Asal-usul Hantu Mengerikan Indonesia

Ternyata, setiap hantu yang populer di Indonesia seperti Genderuwo, Pocong, dan Kuntilanak memiliki asal usul mengerikan yang dipercayai sebagian besar masyarakat Indonesia.

Komentar Anda