Pesawat Stratolaunch ketika pertama kali keluar hanggar pada Juni lalu. (Sumber Stratolaunch Systems Corp)

Pada Juni lalu, untuk pertama kalinya pesawat terbang terbesar sedunia keluar dari hanggar. Pada saat itu, muncul beraneka reaksi, mulai dari keraguan akan rancangan yang seperti burung aneh, hingga kekaguman kepada pesawat inovatif tersebut.

Baru-baru ini, tim pabrikan pesawat tersebut telah melampaui suatu titik pencapaian baru, setelah menyelesaikan putaran pertama pengujian mesin.

Pengujian itu merupakan bagian dari tes di darat yang perlu dituntaskan sebelum pesawat itu benar-benar mengudara pada 2019 nanti.

Dikutip dari New Atlas pada Senin (6/11/2017), Stratolaunch adalah salah satu perusahaan baru yang mencoba mengembangkan pesawat terbang peluncur wahana ke orbit (air-launch-to-orbit).

Proyek itu telah dikembangkan selama kira-kira tujuh tahun dan pengujian mesin merupakan suatu titik ukur kesuksesan dalam pengembangan pesawat.

Baca Juga :   Foto: Pramugara-pramugara Ganteng Maskapai Dunia
Ilustrasi caranya pesawat Stratolaunch membawa kiriman wahana ke angkasa. (Sumber Stratolaunch Systems Corp)

Pesawat itu menggunakan enam mesin turbofan buatan Pratt & Whitney yang diambil dari dua pesawat Boeing 747-400 bekas. Stratolaunch tentu saja termasuk salah satu mahakarya dalam rekayasa pesawat terbang dengan bentang sayap sepanjang 117 meter.

Pengujian mesin mencakup tiga tahap, yaitu “motor kering” yang hanya menggunakan daya tambahan, “motor basah” ketika bahan bakar jet disemburkan.

Pesawat Stratolaunch memerlukan waktu pengembangan sekitar 7 tahun lamanya. (Sumber Stratolaunch Systems Corp)

Akhirnya akan dilakukan uji diam (idling) ketika enam mesinnya dinyalakan untuk mengamati semua beroperasi secara semestinya.

Setelah pengujian yang sukses itu, Jean Floyd, CEO di Stratolaunch, menuliskan melalui pernyataan, “Dalam beberapa bulan ke depan, kita akan terus menguji mesin-mesin pesawat pada daya tinggi dan beragam konfigurasi yang bermuara kepada mulainya pengujian secara taksi.”

Komentar Anda

READ MORE

Anak Muda Berbakti Ini Belikan Ibu Mobil Mewah

Steven Elliott Ng memang anak berbakti. Ia baru saja membelikan mobil SUV jenis Honda pada pamannya sebagai balas budi. Ternyata sebelumnya, dia sudah lebih...
video

Video : Detik-detik Gunung Merapi Meletus

Video erupsi Gunung Merapi dengan jarang terdekat, langsung di kaki gunung nya?

6 Kisah Misterius Penculikan Makhluk Bumi oleh Alien

Di segala penjuru dunia ini banyak pengakuan penculikan oleh alien, tapi sebaiknya ditelisik secara cermat. Beberapa di antaranya terdengar lebih mengerikan dan dapat dipercaya...

Inilah 10 Bandara Terbaik di Dunia tahun 2017 versi Skytrax

Rempong.net - Bandara yang nyaman dan asyik menjadi idaman para traveler yang ingin berkunjung ke negara tersebut. Untuk itu, seluruh bandara di dunia berpacu...

Bikin Heboh, Bangkai Makhluk Raksasa Ditemukan Terdampar Di Pantai Maluku

Bangkai berukuran raksasa ditemukan terdampar di pesisir pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, pada hari Rabu (10/05/2017) sore. Menurut kesaksian warga,...