5 Orang Ini Sukses Dari Muda Berkat Bisnis Online

0
2
Andrew Darwis
CCO Kaskus Andrew Darwis.

Sukses merupakan impian semua orang, terutama dalam hal karir atau pekerjaan. Untuk mewujudkan itu semua tidaklah mudah, di balik kesuksesan yang besar terdapat perjuangan yang berdarah-darah di belakangnya jauh sebelum itu.

Banyak cara yang bisa dilalui seseorang untuk meraih kesuksesan. Salah satunya melalui bisnis online yang trennya sedang meningkat mengikuti perkembangan zaman.

Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya internet, tentu membuat banyak orang yang mulai meninggalkan toko offline yang tentu kurang efektif terutama dalam hal menjaring pembeli atau customer.

Oleh karena itu, mereka mendirikan sebuah bisnis online yang mampu bersaing dan sukses di era digital ini.

Seperti yang dilakukan 5 orang ini. Sejak muda, mereka telah menggeluti bisnis online hingga akhirnya sukses hingga saat ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasan seperti dikutip Hipwee.

1. Hendrik Tio

Hendrik Tio
Hendrik Tio

Jika Anda mengenal Bhinneka.com, pasti Anda pernah mendengar nama di balik toko online berbasis produk teknologi tersebut.

Ya, Hendrik Tio. Sejak tahun 1999, Hendrik mendirikan Bhinneka.com dengan berbagai tantangan. Salah satunya mendobrak kebiasaan masyarakat yang masih membeli barang secara offline.

Saat awal berdiri, Hendrik hanya mengeluarkan modal usaha tidak lebih dari Rp 100 juta. Namun sekarang, dia bisa memiliki omset puluhan miliar Rupiah setiap tahunnya.

2. Andrew Darwis

Andrew Darwis
CCO Kaskus Andrew Darwis.

Nama Andrew darwis nampaknya sudah familiar di telinga masyarakat. Pendiri Kaskus.co.id ini merupakan salah satu contoh orang sukses dari bisnis online.

Kaskus sendiri merupakan salah satu website ternama di Indonesia yang memiliki banyak user dan website forum ini pun juga ada fitur jual belinya. Sehingga membuat kekayaan Andrew Darwis meningkat tajam.

Namun, sejarah berdiri tegaknya website ini bukan dengan langkah yang mulus-mulus saja. Berawal dari kesederhanaannya bersama seorang temannya, Andrew dulu bukanlah apa-apa.

Lalu setelah komitmennya terhadap Kaskus, dia menjadi seorang yang sangat sukses di dunia bisnis online. Dan baru-baru ini, Andrew juga merilis sebuah film yang bercerita tentang perjuangannya mendirikan Kaskus.

3. Budiono Darsono

Budiono Darsono adalah seorang wartawan senior yang berasal dari Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu pendiri portal berita detik.com, salah satu media online terbesar di Indonesia.

Ide awal pendirian portal berita detik.com tidak lepas dari beberapa peristiwa yang terjadi pada tahun 1998. Saat itu beberapa surat kabar diberangus, termasuk tabloid DeTik (tempat budiono bekerja), majalah tempo dan editor. Karena kehilangan pekerjaan, maka bersama 3 rekan wartawan lainnya yaitu Yayan Sopyan (mantan wartawan tabloid DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi dengan investasi awal Rp40 juta.

Nama Detik.com sendiri dipilih karena keinginannya untuk menyajikan berita melalui internet dengan update secepatnya, beritanya pendek-pendek, sering dan seketika, diberitakan saat itu juga tanpa menunggu lengkap. Akhirnya lahirlah portal berita detik.com pada 9 Juli 1998.

Awalnya peliputan utama detik.com terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Berita pertama yang dimuat di detik.com adalah Tragedi Semanggi tahun 1998. Pada sekitar tahun 2010-an, keunikannya inilah yang mengantarkan detik.com menjadi salah satu portal berita terbesar di Indonesia. Pada 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp milik Chairul Tanjung. Diperkirakan nilai akuisisi tersebut mencapai US$60 juta.

4. Anne Ahira

anne ahira
Anne Ahira

Salah satu tokoh bisnis online Indonesia yang sukses berikutnya adalah Anne Ahira, wanita asal Bandung ini sukses menjalankan bisnis online.

Anne juga dikenal sebagai salah satu guru internet marketing setelah dia mendirikan kursus bisnis online yakni ASIANBRAIN. Puncaknya, Anne Ahira pernah mewakili Indonesia dalam pembicara APEC di 2007.

5. Habibie Afsyah

Habibie Afsyah
Habibie Afsyah.

Habibi Afsyah, dia bukanlah seorang pebisnis online yang sukses biasa, dia adalah seorang yang Difabel. Namun dengan perjuangannya, dia berhasil sukses dalam bisnis online di afiliasi amazon, sebuah toko online asal amerika serikat.

Selain itu, Habibie Afsyah juga sekarang sukses dengan bisnis kulinernya yang diberi nama brand Mbah Sukun.

Tidak ada yang mengira seorang Habibie Afsyah yang notabene hanya pemuda difabel namun bisa sesukses seperti sekarang ini. Bahkan dia sukses di toko online luar negeri yang tentu persaingannya berkali kali lipat lebih susah daripada di Indonesia.

Komentar Anda