VIDEO: Begini Bedanya Fidget Spinner Berputar di Antariksa

0
0

Pada saat demam mainan fidget spinner beberapa bulan lalu, ada yang penasaran bagaimana mainan tersebut berjalan saat dimainkan di antariksa.

Menjawab rasa penasaran tersebut, astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Randy Bresnik, bersama astronaut lainnya memamerkan bagaimana fidget spinner berputar di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Memang berbeda dengan di daratan bumi, fidget spinner tersebut bisa melayang di stasiun sambil terus berputar. Sedangkan untuk putarannya, terlihat terus berputar lama tanpa menunjukkan tanda-tanda melambat. Saat memainkan fidget spinner, astronaut bergaya dengan memutarnya sambil bersalto melayang di ISS.

Dalam keterangan di video rekamannya, Bresnik menjelaskan fidget spinner terlihat sangat berbeda saat dimainkan di ISS.

“Lingkungan ISS memungkinkan fidget spinner mengambang. mengurangi gesekan pada bantalan yang membuat laju pusat cincin dan bagian luar spinner sama kedudukannya. Keseluruhannya berputar sebagai satu unit,” tulis Bresnik.

Sebelumnya pada Juni lalu, jubir NASA, Dan Huot menjelaskan bagaimana fidget spinner berputar di antariksa. Kala itu, jubir itu menjelaskan fidget spinner akan berputar sangat mirip dengan yang terjadi di Bumi. Fidget spinner akan bisa berputar dan berhenti berputar karena kondisi lingkungan ISS.

Komentar Anda