Video pertama di youtube
Jawed Karim Pengunggah Pertama Video Di YouTube (Foto: YouTube)

Rempong.net – Me at the Zoo menjadi video pertama yang pernah diunggah di YouTube. Berdurasi 18 detik, video yang sudah tayang 13 tahun tersebut menampilkan Jawed Karim, co-founder YouTube, yang berdiri di depan sekelompok gajah di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS).

Hingga hari ini, Me at the Zoo telah dilihat lebih dari 52 juta kali. Karim waktu itu tidak tahu, video yang diunggahnya pada 23 April 2005 itu akan menjadi viral. Sebab, di awal-awal kehadirannya, YouTube dibuat sebagai laman kencan.

Karim mengunggah video itu sebagai cara mengisi kekosongan server YouTube yang berbiaya US$100, setara Rp1,4 juta, per bulan. Selain mengunggah video di kebun binatang, Karim juga mengunggah rekaman pesawat Boeing 747 yang lepas landas.

“Kami tidak memiliki video apa pun. Menyadari video apa pun akan lebih baik daripada tidak ada video, saya mengisi situs kencan baru kami dengan video-video 747 yang lepas landas dan mendarat,” kata Karim, dikutip dari Al Arabiya, Selasa 10 Juli 2018.

Karim merasa usahanya untuk memulai laman kencan online tak berhasil. Dia frustasi dan putus asa. “Kami beralih ke situs web setiap orang yang putus asa, Craigslist (situs iklan baris)” ujar dia.

Baca Juga :   5 'Ramalan' Dunia yang Menjadi Kenyataan

Kini, Karim tak lagi mengurusi YouTube. Dia meninggalkan perusahaan yang berkantor di San Bruno, California, Amerika Serikat, itu setelah pembelian dari Google senilai US$1,65 miliar, senilai Rp23,7 triliun, pada Oktober 2006.

Karim, yang tidak terlalu peduli dengan uang, mendapat US$36,6 juta, senilai Rp525.6 miliar.

Dia menghapus video-video pesawat 747 yang diunggahnya sejak lama dan saluran Youtube-nya hilang. Tetapi, videonya di kebun binatang itu dibiarkan tetap muncul. Video di kebun binatang itu dibiarkan menjadi bukti seorang anak muda yang tidak tahu seberapa besar proyek masa depannya.

Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur, pada 1979. Ayahnya, Naimul Karim, ialah seorang Muslim Bangladesh yang bekerja sebagai peneliti di 3M dan ibunya adalah seorang instruktur Kimia di Minnesota University. Karim pergi ke AS pada 1992 dan belajar di University of Illinois.

Di kampus itu, dia bekerja dengan sesama pendiri YouTube lain, Chad Hurley dan Steve Chen yang bekerja di PayPal. Secara resmi proyek Youtube meluncurkan pada 2005. (and)

READ MORE

Sering Main HP saat Menunggu Bikin Orang Tak Percaya Diri

Bagi banyak orang di dunia, ponsel pintar barangkali menjadi penyelamat di kala Anda sedang berada di tempat asing tanpa satu orang pun yang Anda...

Pria Ini Berjuang Selama 30 Tahun Hijaukan Afrika Barat Seorang Diri

Mimpi dan perjuangan seorang pria ini mungkin terkesan mustahil untuk bisa tercapai. Namun nyatanya perjuangannya selama 30 tahun menghijaukan gurun gersang di Afrika Barat...

Foto : Begini Penampakan King Cobra Raksasa dari Kalimantan

Foto ular king cobra raksasa itu unggah oleh pemilik akun Made Dwi Sudarmawan di Facebook. Ada sekitar 6 foto yang ia unggah.

Viral, Foto Kepsek Dianiaya Bikin Warganet Geram

Tampak seorang guru perempuan duduk dengan bagian wajah dan baju bagian depannya tampak dibasahi darah.
video

Trailer: Gerbang Neraka (2017)

Sebuah film supernatural adventure horor yang mengangkat penemuan arkeologi yang paling menggemparkan dunia di abad 21. Film horor terbaru karya Rizal Mantovani, yg diperankan...

KOMENTAR ANDA