Redmi 6
Xiaomi Redmi 6 (Foto : GSM Arena)

Rempong.net – Xiaomi akhirnya resmi merilis penerus duo Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, yakni Redmi 6 dan Redmi 6A di China. Secara keseluruhan ada beberapa perubahan spesifikasi yang diusung duo Redmi 6 dibanding pendahulunya.

Redmi 6

Dari segi layar, bentang layar LCD Redmi 6 lebih kecil yakni 5,45 inci, sementara Redmi 5 tahun lalu memiliki bentang layar 5,7 inci. Rasio aspeknya masih sama yakni 18:9 dan resolusi gambar 720 x 1440.

Bodinya berbalut bahan logam dengan berbagai pilihan warna yakni Platinum Silver Grey (abu-abu), Rose Gold, Bali Blue (biru muda), Quicksand Gold.

Di punggung perangkat, tersemat AI dual kamera yang tersusun secara horisontal, mirip susunan Xoami Mi A1. Masing-masing konfigurasinya 12 megapiksel untuk sensor utama yang memiliki ukuran piksel 1,25 mikron dan sensor sekunder 5 megapiksel.

Sensor utama diklaim mampu menangkap gambar dalam kondisi remang-remang (low light) lebih baik. AI kamera ganda juga disebut mampu menghasilkan efek foto bokeh dengan latar belakang blur.

Untuk kamera depan, Xiaomi menyematkan kamera dengan resolusi 5 megapiksel yang juga dibekali fitur face unlock. Di bawah kamera ganda, tersemat sensor pemindai sidik jari yang membulat di bodi belakang.

Masuk ke sektor hardware, untuk Redmi 6, Xiaomi mengandalkan chip MediaTek Helio 22 12 nanometer yang dipadankan dengan prosesor octa-core clock 2.0 GHz. Performa Helio P22 ini diklaim mirip dengan Snapdragon 625.

Dengan “jeroan” tersebut, Redmi 6 dijanjikan mampu menghemat konsumsi daya hingga 48 persen. Redmi 6 dibekali kapasitas RAM 3 GB dan varian ROM 32 GB/64 GB dan kapasitas baterai 3.000 mAh.

Redmi 6A
Xiaomi Redmi 6A (Foto : GSM Arena)

Redmi 6A

Redmi 6A memiliki spesifikasi lebih rendah dibanding Redmi 6. Hal tersebut bisa dilihat dari chip yang diandalkan yakni Helio A22 octa-core 2 GHz.

Baca Juga :   Ini 5 Smartphone yang Contek iPhone X

Chipset 16 nanometer merupakan chip pertama seri Helio A dari MediaTek yang disebut-sebut memiliki kinerja 37 persen lebih unggul dibanding Snapdragon 425. Kapasitas RAM yang dibawa adalah 2 GB dan ROM 16 GB.

Berbeda dari “kakaknya”, Redmi 6A hanya memiliki kamera tunggal di belakang dengan resolusi 13 megapiksel, ditemani LED flash. Sementara kamera depannya berkonfigurasi 5 megapiksel yang dilengkapi dengan teknologi AI untuk menghasilkan efek bokeh.

Secara desain, Redmi 6A identik dengan Redmi 6 dengan display 5,45 inci dan aspek rasio 18:9. Resolusi gambarnya pun sama yakni 720 x 1440 piksel.

Varian warnanya juga sama, yakni Platinum Silver Grey (abu-abu), Rose Gold, Bali Blue (biru muda), Quicksand Gold.

Seperti Redmi 6, Redmi 6A juga dibekali baterai berukuran 3.000 mAh yang dikalim memiliki waktu standby hingga 19 hari. Redmi 6A tidak dibekali sensor pemindai sidik jari di punggung perangkat. Perannya akan digantikan fitur face unlock yang tersemat di kamera depan.

Baik Redmi 6 dan Redmi 6A sama-sama akan dijalankan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo dan antarmuka MIUI 10 yang mendukung software AI.

Harga Redmi 6 dan Redmi 6A

Redmi 6 varian kapasitas ROM 32 GB akan dibanderol 799 yuan (sekitar Rp 1,7 juta), dan ROM 64 GB 999 yuan (sekitar Rp 2,1 juta).

Untuk Redmi 6A akan dijual seharga 599 yuan (sekitar Rp 1,3 juta).

Keduanya akan mulai dipasarkan di China mulai tanggal 15 Juni. Soal ketersediaannya di pasar negara lain termasuk Indonesia, Xiaomi masih belum memberikan konfirmasi.

(and)

Komentar Anda

READ MORE

Pocong Bersandar di Tiang Listrik, Setelah Diperiksa Ternyata…

Rempong.net - Beberapa hari ini, warga Surabaya dibuat cemas setelah muncul secara viral gambar pocong di media sosial. Foto pocong bersandar di tiang listrik...

Chumnan Maunghong, Pria Thailand Ini Gemar Makan Mangga Mentah Sambil Jongkok

Banyak hal yang mendadak viral di sosial media dan menarik perhatian netizen di dunia maya. Salah satunya datang dari cowok ganteng asal Thailand bernama Chumnan Maunghong ini.

Ini 5 Monster yang Katanya Suka Minum Darah

Saat kita mendengar kata 'vampir', yang pertama kali terbayangkan adalah sesosok makhluk dengan taring yang suka meminum darah manusia.

Deretan Meme Kocak Nasib Miris Saat Sahur

Di hari pertama puasa ini, pasti ada saja cerita lucu yang hadir saat santap sahur tadi. Seperti tergambar dalam deretan meme puasa.

Menegangkan, Ini Aksi Demian Di America’s Got Talent

Rempong.net - Demian Aditya diketahui mengikuti audisi America's Got Talent. Ia tampil pada episode pertama yang tayang pada Selasa (30/5) kemarin. Dalam penampilannya, ia...