Jika Matahari Tidak Bersinar Lagi
Foto : Pixabay.com

Rempong.net – Pernah terbayang jika inti dari sistem tata surya ini mati? Secara awam, banyak yang menyangka jika matahari mati akan membuat langit menghitam. Ada pula yang beranggapan bahwa tidak bersinarnya matahari bisa membinasakan semua makhluk hidup di bumi.

Daripada menebak-nebak, berikut lima hal yang akan terjadi jika matahari tidak bersinar lagi.

1. Menipisnya Oksigen

Ini yang Akan Terjadi Jika Matahari tak Bersinar

Oksigen adalah hal krusial bagi semua makhluk hidup, karena berhubungan dengan pernafasan. Tentunya, ketiadaan matahari memengaruhi tumbuhan dan sianobakteria menjadi sulit menjalankan proses fotosintesis.

Hal ini akan membuat persediaan oksigen di bumi terus menipis. Jika hal ini terus terjadi, tentunya akan bermasalah bagi semua makhluk hidup, perlahan mulai punah, hanya sebagian kecil spesies yang sanggup bertahan.

2. Hilangnya Siklus Iklim dan Waktu

Jika Matahari Tidak Bersinar Lagi
Foto : Pixabay.com

Matahari menjadi penentu pembagian iklim dan perbedaan waktu antara siang dan malam. Hal ini didasari oleh posisi bumi terhadap matahari, dimana sinarnya memberikan energi panas dan memengaruhi pembagian iklim dan waktu.

Saat inti dari sistem tata surya ini mati, maka tidak ada pembagian waktu antara pagi, siang, maupun sore. Kamu hanya bisa menikmati malam berkepanjangan.

3. Menurunnya Suhu Permukaan Bumi

Ini yang terjadi jika matahari tak bersinar

Beberapa jam tanpa matahari, suhu bumi akan berkurang secara drastis hingga 5 sampai 7 derajat Celcius. Setelah 7 hari, suhu pun akan terus berkurang hingga -17 derajat Celcius dan -30 derajat Celcius dalam satu bulan.

Baca Juga :   6 Kebiasaan Memalukan Tapi Sebenarnya Sering Dilakukan Banyak Wanita

Jika sampai hal ini terjadi, sebagian makhluk berdarah panas akan perlahan mati. Tak hanya itu, bumi pun akan diselimuti es sehingga tak layak untuk ditinggali.

4. Bumi Keluar Orbit

Bumi Keluar Orbit

Termasuk matahari, setiap planet memiliki gaya gravitasi tersendiri. Sama halnya dengan gaya gravitasi bumi yang membuat bulan mengorbit dan mengelilingi bumi, gaya gravitasi matahari menjadi latar belakang mengorbitnya planet di sekitar bumi pada sistem tata surya.

Jika matahari mati, maka gravitasi akan hilang dan membuat planet yang ada di sekitar berterbangan secara luas di angkasa. Hal terburuk, bumi akan bertabrakan dengan planet lain!

5. Migrasi Manusia ke Luar Angkasa

Sebagai manusia, tentunya tak akan tinggal diam jika melihat fenomena seperti ini. Kamu akan mencoba berbagai cara supaya terhindar dari kepunahan, salah satunya bermigrasi ke luar angkasa.

Hal ini merupakan cara paling menjanjikan ketimbang bertahan di bumi, bisa melangsungkan hidup dan mungkin bisa menemukan planet lain yang layak dihuni manusia. Akan tetapi, migrasi ke luar angkasa tidak bisa dilakukan secara mudah dan cepat.

READ MORE

Ini 4 Negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budayanya. Setidaknya ada lebih dari 300 suku bangsa yang tinggal di Indonesia yang tentunya mereka...

Transformasi Pria Thailand yang Oplas 30 Kali Karena Benci Wajahnya

Tak tanggung-tanggung, pria muda itu rela menjalani hingga 30 kali prosedur untuk mendapatkan tampilan wajah yang diinginkan.

7 Mitos Grooming yang Sering Ditakuti pria

Perawatan wajah dan tubuh memang biasa dilakukan oleh wanita, tapi kini sudah mulai diperhatikan juga oleh pria.Namun, tak sedikit pria yang keliru dan takut...

Ini 5 Game Cocok Buat Temani Perjalanan Saat Mudik

Beberapa game ini bisa menemani kamu saat mudik, dan tidak hanya menonton film atau mendengarkan musik.

Usai Tertangkap, Istri Fachri Juga Dites Urine

Tak cuma memeriksa, polisi juga melakukan tes urine kepada Renata Kusmanto. Kepada pewarta, polisi membeberkan hasil tes urine ibu dua anak itu.

KOMENTAR ANDA