Hujan Deras Membuat Ngantuk
Ilustrasi

Rempong.net – Suara yang ditimbulkan dari air, misalnya deburan ombak hingga deru hujan deras ada yang meyakini bisa membuat efek mengantuk.

Entah benar atau tidak, efek yang disebut drowsing itu nyatanya terkait dengan respons otak manusia menafsirkan suara yang terdengar. Otak akan menerjemahkan suara yang terdengar dalam dua kategori, yakni suara sebagai ancaman dan suara sebagai non ancaman.

Menurut peneliti kesehatan perilaku biologi Universitas Negeri Pennsylvania Amerika Serikat, suara ombak dan hujan deras dikategorikan sebagai suara non ancaman. Beda halnya dengan jeritan dan alarm keras jam, yang masuk sebagai suara kategori ancaman.

Otak akan merespons dua kategori suara itu secara berbeda. Untuk suara kategori ancaman, orang akan melakukan tindakan menghentikan atau berusaha sekuat mungkin menghindari suara tersebut. Sementara itu, atas suara non ancaman, orang akan merasakan kenyamanan.

Menurut Para Ahli

“Suara-suara yang lamban dan suara deru merupakan suara non-ancaman. Itulah kenapa suara ini menenangkan orang,” tutur profesor kesehatan perilaku biologi Universitas Negeri Pennsylvania Amerika Serikat, Orfeu Buxton dikutip dari Live Science, Minggu 18 Februari 2018.

Dia menjelaskan, respons otak atas suara yang terdengar bukan sebatas soal volume yang dihasilkan. Hal lain yang lebih penting dari suara selain volume yakni bagaimana karakter suara mengaktifkan sistem kewaspadaan atas ancaman pada otak.

Makanya, tak heran, respons seseorang berbeda saat mendengar suara deburan ombak dan deru hujan dibanding suara dering telepon yang memecah kesunyian maupun suara jeritan.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, Buxton dan timnya melakukan studi pada 2012 dengan melibatkan responden di lingkungan rumah sakit. Dalam studi itu, responden diuji dengan beragam suara dan diukur bagaimana responsnya terhadap suara tersebut.

Saat diuji dengan suara volume rendah sekitar 40 desibel, atau setara sebuah bisikan, dari alarm peralatan rumah sakit, dan ternyata suara itu membangkitkan responden dari 90 persen tidur ayamnya atau tidur selama kurun waktu 20 menit. Suara dari peralatan rumah sakit itu juga membangunkan responden dari 50 persen tidur nyenyak mereka.

Kemudian suara lain, yakni suara helikopter dan lalu lintas, yang setara dengan 70 desibel, tidak sesering membangunkan responden dibandingkan suara alarm peralatan rumah sakit, dering telepon dan percakapan manusia yang pelan.

Alasan lain suara berair bisa membuat orang mengantuk, sebab suara tersebut, khususnya jika sifatnya nyaring, tidak kategori mengancam. Suara air yang menenangkan juga menghalangi suara yang akan ditafsirkan otak sebagai ancaman.

Untuk itu, Buxton berpandangan, tak heran alat bantu tidur dengan tema air terbukti tokcer selama beberapa dekade untuk membuat orang tidur, baik itu alat bantu dari kaset, CD, MP3 sampai aplikasi perangkat mobile. Dia mengatakan, mengingat era saat ini, aplikasi layak untuk dijadikan sebagai alat bantu tidur.

“Saya pikir aplikasi bagus karena bisa memanggil suara-suara itu dan jelas membantu orang tidur,” tuturnya.

READ MORE

Ular Cobra Ini Tersiksa Saat Menelan Sesuatu

Rempong.net - Sebuah rekaman video menjadi viral. Dalam video tersebut terlihat seekor ular yang mencoba menelan sebuah botol plastik kosong dan kemudian berusaha meludahkannya. Video...

Astaga! Ada Anak 14 Tahun yang ‘Dijual’ di Situs Nikah Siri

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terus melakukan penyidikan terkait kasus pornografi dan penjualan perawan di situs nikahsirri.com. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda...

Makin Banyak Pengguna Android yang Ganti ke iPhone, Ada Apa Ya?

Firma riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) merilis laporan terbarunya mengenai jumlah pengguna smartphone Android yang berganti ke iPhone. Laporan ini berdasar riset selama...

Aksi Bom Bunuh Diri di Kampung Melayu, Jakarta

Rempong.net - Ledakan yang diduga berasal dari bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur melukai 11 orang. Dua orang meninggal yang salah satunya diduga...

Fisik Diejek, Rina Nose Beri Jawaban Menohok ke Ustaz Somad

Banyak yang menghujat, namun ada pula yang mendukung keputusan presenter acara 'Comedy Traveler' itu.

Komentar Anda