Rempong.net – Perdebatan kalau Bumi itu bulat atau datar tetap memanas. ‘llmuwan’ Bumi Datar, Mike “Mad” Hughes sesumbar kalau dirinya bisa makan siang di langit untuk membuktikan Bumi itu datar.

Komunitas Bumi Datar Global menggelar konferensi pertamanya, The Flat Earth International Conference, pada tahun ini.

Dalam konferensi itu mereka menemukan bukti baru bahwa semua misi manusia ke Kutub Selatan atau Antariksa adalah hoax atau palsu.

Selain itu, Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA sudah melakukan penipuan dan seluruh negara di dunia telah dibohonginya.

Mengutip situs indy100, Rabu, 7 Februari 2018, berikut tujuh fakta bahwa Bumi yang kita tempati ini benar-benar bulat.

1. Lihatlah ke Atas

Betul sekali. Ini contoh paling sederhana. Saat Anda melihat ke langit pada malam hari, Anda hanya bisa melihat konstelasi tertentu dari titik-titik tertentu di Bumi.

Orang yang tinggal di Australia akan melihat langit yang berbeda dengan orang yang tinggal di Inggris pada malam hari.

Anda tidak bisa melihat Polaris atau Bintang Utara dari belahan Bumi bagian selatan. Kalau Bumi itu datar, seharusnya semua penduduk Bumi melihat konstelasi yang sama.

2. Lihatlah juga ke Bawah

Cara yang sama langsung untuk membuktikan Bumi tidak datar adalah dengan hanya mengukur bayangan Anda. Jika Anda mendapatkan dua orang pada jarak yang berbeda dari khatulistiwa, dan mereka mengukur bayang-bayang mereka pada saat bersamaan, maka bayang-bayang mereka akan memiliki panjang yang berbeda.

Namun, lagi-lagi, apabila Bumi datar, praktis bayangan mereka akan sama. Eratosthenes, ilmuwan yang melakukan versi percobaan ini, sudah mengetahuinya sejak 3.000 tahun silam.

3. Ukurlah Berat Bedan

Gaya gravitasi adalah menarik semua orang ke arah pusat massa atau inti Bumi. Artinya, saat kita menimbang badan di mana pun kita berada di dunia ini, maka akan sama berat tubuhnya.

Akan tetapi, kalau Bumi itu datar maka berat badan manusia yang tinggal di tepi compact disk akan ditarik ke samping, sementara yang berada di pusat akan ditarik ke bawah.

Compact disk adalah istilah yang dibuat Komunitas Bumi Datar lantaran mereka meyakini kalau Bumi ada batasnya, yakni tembok es besar di Antartika atau Kutub Selatan.

Komunitas ini juga menyimpulkan bahwa tidak ada yang namanya gaya gravitasi. Jika itu benar, maka manusia yang hidup di Bumi tidak akan bisa menimbang berat badan sendiri. Intinya, kita semua akan mati.

4. Jalan-jalanlah ke Antartika

Seperti sudah dijelaskan di atas, komunitas ini meyakini bahwa Antartika sebenarnya adalah dinding es raksasa yang mengitari Bumi.

Andaikata benar demikian, maka pesawat yang tak terhitung jumlahnya yang terbang melintasi Antartika pastilah akan jatuh, bukan?

5. Periksa Jam Tangan

Untuk menjelaskan kondisi cuaca atau musim, Bumi Datar berpendapat bahwa Matahari mengorbit dalam lingkaran di atas Bumi.

Namun, hal itu tidak menjelaskan zona waktu, meski mereka tetap berusaha meyakinkan, kalau Matahari berperan sebagai ‘penyorot.’

Bagi orang yang pernah memakai obor di malam hari pasti tahu kalau kita bisa melihat bayangan sendiri dari samping. Anehnya, hal itu juga diakui oleh Komunitas Bumi datar.

6. Ambil Kompas

Planet kita memiliki medan magnet yang dihasilkan oleh besi cair pada inti Bumi. Jika Bumi itu datar maka tidak memiliki inti.

Bahkan, apabila memiliki lapisan datar logam cair, Bumi tidak akan berputar dengan cara yang menciptakan medan magnet.

7. Pakailah Pendulum

Percobaan yang terkenal ini pertama kali ditunjukkan pada 1851 oleh Leon Foucault, dan sekarang bisa ditemui di museum-museum di seluruh dunia.

Jika Anda memainkan pendulum cukup lama, Anda akan melihatnya mulai berayun ke arah yang sedikit berbeda, yang membuktikan bahwa Bumi berputar di bawah kaki Anda.

Komentar Anda