Rempong.net – Di pasaran smartphone beredar perangkat palsu (knockoff) yang menyaru sebagai perangkat asli. Palsu bukan dalam artian sekadar meniru desain merek lain, tapi mentah-mentah menjiplak semua aspek, mulai tampilan fisik hingga nama untuk menipu pembeli yang seolah mendapatkan perangkat asli.

Dalam laporan Knockoff Phones Report terbarunya, pembuat software benchmark populer AnTuTu mengungkapkan bahwa dari sekitar 17,4 juta ponsel yang dianalisa lewat AnTuTu Officer sepanjang 2017 lalu, sebanyak 2,64 persennya ternyata merupakan perangkat palsu.

Dari persentase tersebut, Samsung merupakan merek ponsel pintar yang paling banyak dipalsukan. Sebesar 36,23 persen ponsel palsu dalam data AnTuTu menjiplak model smartphone Samsung.

Dikutip dari laman KompasTekno, Rabu 24 Januari 2018, Setelahnya, secara berturut-turut menyusul Apple iPhone sebesar 7,72 persen, Xiaomi: 4,75 persen, Oppo: 4,46 persen, dan Huawei: 3,4 persen.

Adapun model ponsel yang paling banyak dipalsukan sepanjang 2017, masih menurut AnTuTu Officer, adalah seri Galaxy S7, ponsel lipat Samsung W2016 dan W2017, iPhone 7 Plus, OnePlus 3T, Xiaomi Mi5, dan Galaxy S8 Plus versi China.

Daftar 10 besar model ponsel yang paling banyak dipalsukan sepanjang 2017, menurut data yang dikumpulkan AnTuTu Officer.

AnTuTu Officer adalah layanan yang bisa dipakai oleh pengguna benchmark AnTuTu untuk memverifikasi, apakah smartphone miliknya benar-benar asli atau bukan. Jumlah pengguna AnTuTu Officer sendiri lumayan banyak, sebagaimana tersebut dalam angka di atas.

Kualitas ponsel-ponsel palsu biasanya jauh berbeda dibandingkan dengan perangkat asli. Sebanyak 60 persen menggunakan prosesor quad-core yang murah. Sebagian besar juga memakai panel layar HD 720p atau Full HD 1080p.

READ MORE

Ingat Gadis Kecil di Film Titanic, Kini Makin Cantik

Ada seorang gadis kecil bernama Cora Cartmell yang berteman dengan Jack.

Kisah Romantis Wanita Mualaf yang Nikahi Pria Pengidap Kanker Stadium Akhir

Menemukan cinta sejati dan seseorang yang benar-benar menyayangi Anda dalam segala kesulitan bukanlah perkara mudah. Beberapa orang tentu akan mempertimbangkan untuk menikahi seseorang yang...

Aksi Raja Sepak Bola Difabel Asal China yang Luluhkan Hati Dunia

Sebuah video yang menunjukkan aksi sang atlet dengan keterbatasan fisik itu kala menghadapi lawan tandinganya, viral di dunia maya.

Misteri Motor Sport ‘Berhantu’ di Kendari yang Enggan Dipindahkan

Beberapa hari belakangan, masyarakat Kendari dihebohkan oleh keberadaan motor sport yang bisa bergerak sendiri. Motor bermerek Honda CBR yang terparkir di pinggir jalan sepi...

Aksi Bom Bunuh Diri di Kampung Melayu, Jakarta

Rempong.net - Ledakan yang diduga berasal dari bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur melukai 11 orang. Dua orang meninggal yang salah satunya diduga...

Komentar Anda