Sedikitnya ada 32 akun media sosial dilaporkan Ketua DPR Setya Novanto karena mereka mengunggah meme terkait dirinya. Novanto merasa nama baiknya dicemarkan dengan meme-meme yang ramai beredar di media sosial.

Mabes Polri membenarkan penangkapan satu orang penyebar meme Ketua DPR Setya Novanto di media sosial. Penangkapan itu dilakukan Selasa (31/10) malam.

“Telah dilakukan penangkapan terhadap saudari DN (Dyann Kemala Arrizzqi) yang bersangkutan diduga telah melakukan kejahatan siber yang termasuk dalam pasal 27 ayat 3 UU ITE, yaitu melaksanakan atau melakukan fitnah terhadap Setya Novanto. Tadi malam kita sudah melakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan,” kata Kasubdit 2 Siber Bareskrim Mabes Polri Kombes Asep Safrudin di Bareskrim Mabes Polri.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, tidak hanya partainya yang terganggu dengan meme Ketua DPR Setya Novanto saat berada di Rumah Sakit ke media sosial, melainkan menganggu kehidupan berbangsa. Hal ini menyikapi penangkapan satu orang tersangka penyebar meme Setnov oleh Bareskrim Mabes Polri pada Selasa (31/10).

“Bukan hanya Golkar yang diganggu. Kalau itu mengganggu kebangsaan, semua rakyat Indonesia, berarti kita hidup di tengah-tengah meme itu bagaimana bangsa yang hidup di tengah-tengah itu,” kata Idrus.

Idrus mengatakan, partainya akan meluruskan meme soal Setnov yang disebar oleh kader PSI. Dia mengingatkan, meski Indonesia adalah negara yang bebas, namun tiap warga negara harus tetap dibatasi oleh aturan dan etika.

“Ini kan memang media ada kebebasan dam kebebasan itu dibatasi oleh aturan-aturan yang ada. Juga ada etika-etika komunikasi yang ada. Apabila itu dilanggar maka tentu pihak berwajib penegak hukum akan mengambil tindakan,” tegasnya.

Partai Golkar, kata Idrus, tidak ingin bangsa Indonesia diwarnai komunikasi dan informasi yang menabrak batas-batas etika.

“Saya kira kita ingin bangsa ini lahir sebagai bangsa yang bermartabat dan bangsa yang bermartabat itu secara konsisten mengikuti nilai-nilai yang ada, aturan yang ada, etika yang ada,” tukasnya.

Wasekjen Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menuturkan, Setya Novanto membuka diri untuk mediasi.

Ace menyarankan Dyann untuk langsung meminta maaf. Sebab, kata dia, Novanto orang yang pemaaf. “Saya yakin Pak Novanto orang baik. Beliau terbuka terhadap pihak-pihak yang sekalipun nyakiti gitu,” ujar Ace.

Dia memastikan, penangkapan terhadap kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu tidak berpengaruh pada hubungan Golkar dan PSI. Persoalan tersebut merupakan masalah pribadi, bukan tanggung jawab partai. Pihak PSI pun telah mengkonfirmasi tidak akan memberikan bantuan hukum.

“PSI sendiri sudah menyatakan dilakukan Dyann itu katanya personal artinya persoalan menyangkut meme tersebut bukan tanggung jawab partainya. Saya kira kalau kader partai Golkar melakukan tindakan yang membuat orang lain tidak nyaman jadi tanggung jawab pribadi, masa tanggung jawab partai,” katanya.

Ace mengatakan, persoalan ini menjadi contoh untuk semua orang agar tidak melecehkan pihak lain. Serta dalam beraktivitas di dunia maya pun ada batasan yang tidak bisa dilewati.

“Untuk siapapun, mengunggah, menshare, hal-hal yang tidak etis itu melanggar etika bahkan itu melanggar ITE,” tegasnya.

Menurutnya, dengan ditangkapnya Dyann berarti polisi memiliki pertimbangan bahwa kader PSI itu telah melakukan pelanggaran pidana. Ace menegaskan Setya Novanto menyerahkan seluruh proses hukum kepada kepolisian.

READ MORE

Potret Erupsi Gunung Agung Dari Berbagai Wilayah di Bali

Kondisi Gunung Agung di Karangasem, Bali masih dalam status awas.

Pria Ini Pecahkan Rekor Bisa Padamkan 37 Korek Api Dengan Lidah

Ashrita Furman, pria asal New York Amerika Serikat kembali mencatat rekor baru dalam Guinness World Record. Pria berusia 61 tahun ini berhasil memadamkan 37...

Viral! Rita Sugiarto Disawer Uang Rp250 Juta Sekali Nyanyi

Fantastis dengan satu lagu, Rita Sugiarto disawer pengusaha asal Kalimantan 250 juta rupiah.

Video Lucu Jadi Viral, Orang Gila Saja Tertib Lalu Lintas

Sebuah video menjadi viral setelah mempertontonkan aksi kocak yang dapat mengocok perut. Bagaimana tidak, dalam video yang diunggah akun instagram Satlantas Polres Wonosobo ini...

Ini 5 Fakta Orang Indonesia Sering Berganti Nomor Ponsel

Orang Indonesia bisa dibilang cukup sering gonta ganti nomor ponsel. Bahkan, saking seringnya mereka berganti nomor ponsel, orang jadi sulit menghubungi kontaknya. Padahal, bagi sebagian...

Komentar Anda