Ilustrasi

Misnadi Abdullah alias Adi, warga Desa Krobungan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, bikin geger lantaran menyembah matahari. Bahkan dia memaksa putrinya, ND (13) untuk mengikuti keyakinan tersebut.

Informasi yang dihimpun, ND dipaksa untuk ikut ritual menyembah matahari. Jika menolak, perempuan yang masih duduk di bangku SMP itu diancam bakal dibunuh. Karena takut, ND sempat mengikuti ajakan Adi hingga akhirnya dia tak tahan dan lapor polisi.

“Kurang lebih tiga bulan yang lalu, anaknya juga melaporkan saudara ini, karena dipaksa untuk mengikuti ajaran bapaknya, untuk menyembah matahari,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Fadli Samad saat ditemui Polda Jatim, di Surabaya, Jumat (13/10). Dikutip dari Antara.

Adi menggunakan media sosial untuk mengajak orang ikut menyembah matahari. Dia rutin mem-posting tulisan-tulisan mengenai keyakinannya.

Salah satunya adalah saat dia berhasil mengajak ND menyembah matahari. Adi menyambut keberhasilan tersebut dengan kalimat syukur, karena urung mengorbankan sang anak.

Selain itu Adi juga diduga mengubah kalimat syahadat, dengan menambahkan kata matahari sebagai Tuhan yang wajib disembah.

Baca Juga :   Bisa Buktikan Chat Rizieq Asli, Petani Ini Siapkan Fortuner

Amalan ibadah yang disebarkan juga berbeda dengan Islam. Dia memerintahkan membaca selawat pagi dan sore sebanyak bilangan tertentu, sambil menghadap matahari.

“Kalau tidak salah tanggal 17 September, dia meng-update beritanya di Facebook untuk mengajak menyembah matahari,” ujar Fadli.

Dalam catatan Kepolisian, Adi ternyata pernah berurusan dengan hukum. Dia kini berstatus buron dalam kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dan pengeroyokan.

Polisi bekerja sama dengan operator seluler untuk melacak keberadaan Adi. Selama dalam pelarian, Adi memang sering memperbarui status Facebook-nya.

“Sampai saat ini sudah kita pantau dan monitor. Mudah-mudahan dalam waktu dekat keberadaannya bisa kita temukan,” ujarnya.

Selain itu atas kasus dugaan aliran sesat ini, Polres Probolinggo juga berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan harapan masyarakat tidak terpengaruh dengan ajaran dan ajakan Misnadi.

“Kita sudah koordinasi dengan MUI Probolinggo untuk meng-counter masyarakat supaya tidak ada yang ikut,” pungkasnya.

READ MORE

video

Sinopsis : Spider-Man: Homecoming

Rempong.net - Spider-Man: Homecoming adalah film pahlawan super Amerika berdasarkan Marvel Comics karakter Spider-Man yang akan tayang tahun 2017, film ini diproduksi oleh Columbia...

Begini Penampakan Gaun Mewah Rp3 Miliar Yang Dikenakan Putri Seorang Miliarder

Harga gaun pernikahan yang dikenakannya mencapai 165 ribu poundsterling (Rp3,08 miliar). Gaun yang dikenakan Irina ini terbuat dari bahan lace dan bertabur batu mulia.

Xiaomi Luncurkan Redmi 6 dan Redmi 6A, Harga Rp 1 Jutaan

Redmi 6 dan Redmi 6A di China. Secara keseluruhan ada beberapa perubahan spesifikasi yang diusung duo Redmi 6 dibanding pendahulunya.

Dua Tahun Tenggelam di Laut, Kamera Ini Masih Bisa Berfungsi

Ada sebuah kamera yang terjatuh ke laut dan dalam dua tahun. Kamera tersebut ditemukan kembali bahkan sampai ke tangan si pemilik. Menariknya, kamera ini masih bisa berfungsi meski sudah terendam di laut selama dua tahun lamanya.

5 Pemimpin Dunia yang Tersandung Kasus Korupsi

Mantan Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, dihukum 9,5 tahun penjara. Dia dinyatakan terbukti oleh hakim melakukan tindakan korupsi dan pencucian uang.Lula memerintah...

KOMENTAR ANDA