Rempong.net – Menggoreng ayam tepung agar bentuknya rata dan garing hingga ke dalam memang dibutuhkan teknik khusus. Tak semua orang bisa menyajikan ayam goreng dengan kualitas istimewa itu.

Sebuah video beredar menampilkan seorang juru masak rumah makan menggoreng ayam menggunakan kertas cokelat atau populer disebut kertas nasi. Kertas tersebut biasanya memang sering digunakan untuk membungkus makanan.

Oleh si juru masak, olahan ayam yang sudah dicampur tepung dan bumbu dipipihkan di kertas. Kemudian adonan yang menempel di kertas dimasukkan seluruhnya ke dalam penggorengan yang berisi minyak panas.

Setelah adonan terlepas, kertas pun diangkat. Tak diketahui secara jelas lokasi rumah makan tersebut. Hal yang membuat khawatir adalah kertas cokelat yang digunakan
sebenarnya bukan termasuk jenis kertas food grade.

Seperti dikutip dari LIPI.go.id, kertas tersebut merupakan kertas daur ulang dari kardus-kardus bekas. Jenis kertas tersebut termasuk OCC (old corrugated containers) dengan ciri berwarna cokelat dan berbintik-bintik warna hitam, dan banyak digunakan sebagai kertas pembungkus makanan.

Dalam riset yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jumlah bakteri yang terkandung dalam kertas pangan yang terbuat dari kertas daur ulang sekitar 1,5 juta koloni per gram, sedangkan rata-rata kertas nasi yang umum digunakan beratnya 70-100 gram, itu artinya ada sebanyak 105 juta-150 juta bakteri yang terdapat di kertas tersebut.

Belum lagi lapisan plastik yang terdapat di bagian permukaan kertas. Plastik tersebut saat terkena minyak panas tentu akan meleleh dan memunculkan zat racun berbahaya. Zat tersebut kemudian mengontaminasi makanan dan jika dikonsumsi secara terus-menerus tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

READ MORE

Klarifikasi Adit – Penjual Es Keliling yang Kisahnya Menyentuh, Faktanya…

Sejak beberapa hari terakhir, kabar mengenai seorang anak bernama Adit yang sehari-hari bekerja sebagai penjual es keliling dan kerap tertidur di tepi jalan saat...

UC Browser Hilang Secara Misterius dari Google Play Store

Lantas apa yang menyebabkan UC Browser mendadak menghilang dari Google Play Store?

Ini Tanggapan Daddy Saat Demian Dicemooh Netizen

Rempong.net - Demian Aditya baru saja menorehkan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia lantaran mengikuti audisi America's Got Talent (AGT) 2017. Video aksinya di Youtube pun...

Jepretan Akrobat Kutu Parasit di Rambut Kemaluan Seorang Pria

Dokter di Meksiko mengambil gambar yang cukup detail memperlihatkan seekor kutu sedang bermanuver memutar-mutar badannya. Sekilas gambar kutu tersebut mungkin terlihat menarik sampai kita...

Misteri Gerbang Neraka di Turki yang Tak Membunuh Manusia, Terkuak?

Sebuah gua di Turki yang diyakini orang Romawi kuno sebagai gerbang neraka atau pintu masuk ke dunia bawah tanah. Kompleks berusia 2.200 tahun di kota kuno Hierapolis.

Komentar Anda