Film Pengabdi Setan tak hanya menawarkan sensasi seram dari alur ceritanya, sang sutradara, Joko Anwar, pun harus mencari lokasi syuting yang mumpuni untuk film ini. Menyesuaikan dengan tema film di tahun 1980an agaknya cukup sulit untuk mencari hunian yang tampak kuno dengan suasana pedesaan yang kental.

Namun dengan perjuangan ekstra, Joko Anwar pun berhasil menemukan rumah yang dijadikan lokasi syuting film horor kekinian tersebut.

Rumah tua tersebut terletak di daerah Pengalengan, Jawa Barat. Dilansir dari CNN, Joko mengaku awalnya cukup kaget dengan lokasi ini dikarenakan jaraknya yang cukup jauh dan tempat yang tak layak pakai.

Namun, karena insting sang sutradara yang merasa bahwa rumah ini akan semakin menambah kesan mistis di film, ia pun yakin untuk tetap menjadikan lokasi tersebut sebagai rumah utama para pemain film Pengabdi Setan.

Sosok putih apa yang tertangkap kamera tim GPC? © Ghost Photography Community

Rumah ini memiliki tipe rumah Eropa klasik dengan arsitektur gaya art deco. Bangunannya masih terlihat gagah meskipun disinyalir rumah ini sudah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Dalam filmnya pun, rumah ini ditampilkan memiliki banyak lorong, khas rumah-rumah jadul.

Kabarnya, rumah ini selain terkesan mistis juga menampakkan berbagai penampakan seram di dalamnya? Hii, apa aja tuh?

Jauh sebelum dijadikan lokasi syuting oleh Joko Anwar, rumah tersebut memang pada dasarnya sudah dicap angker oleh warga sekitar. Bahkan, beberapa warga enggan melewati rumah yang terletak di atas bukit tersebut dan memilih untuk melewati jalur lain.

rumah pengabdian setan
Ada sosok yang mengawasi dari balik jendela © Ghost Photography Community

Konon, dikabarkan ada beberapa penampakan hantu belanda yang sering muncul di rumah tersebut.

Untuk membuktikan kabar yang beredar di masyarakat, tim Ghost Photography Community (GPC) pun mengeksplore rumah yang dijadikan lokasi syuting tersebut. GPC sendiri merupakan sebuah komunitas fotografi yang memiliki hobi mencari lokasi-lokasi berhantu.

Beberapa penampakan hantu di rumah tersebut pun berhasil tertangkap oleh kamera tim GPC.

Saat menelusuri rumah angker tersebut, Tim GPC juga melihat merasakan hal aneh dan melihat penampakan lain. “Penampakan seperti zombie, kuntilanak, pocong. Kuntilanak di dalem rumah, zombie di pohon pinus, Pocong lagi gelantungan di pohon pinus.

Kalau audio suara (terganggu) di dalem rumah sampe pintu di banting,” ujar Mickey Oxcygentri, ketua GPC seperti dilansir dari Detik Travel. Bahkan, cerita mengenai mistisnya rumah tersebut sempat dibenarkan oleh Joko Anwar dalam salah satu vlognya bersama Raditya Dika.

Joko mengatakan bahwa ada suara aneh yang terekam, hingga pintu yang nggak bisa ditutup karena ukurannya tiba-tiba membesar. Wah, jadi makin penasaran atau makin takut nih buat lihat film ini?

KOMENTAR ANDA