Jepretan Akrobat Kutu Parasit di Rambut Kemaluan Seorang Pria

0
0
Kutu di rambut kelamin pria/Foto: The New England Journal of Medicine

Dokter di Meksiko mengambil gambar yang cukup detail memperlihatkan seekor kutu sedang bermanuver memutar-mutar badannya. Sekilas gambar kutu tersebut mungkin terlihat menarik sampai kita tahu bahwa itu adalah parasit rambut kemaluan.

Dipublikasi dalam The New England Journal of Medicine, dr Adan Fuentes-Suarez mengatakan bahwa kutu ini ditemukan di rambut kemaluan seorang pasien pria berumur 65 tahun. Sang pria datang ke dokter karena mengeluh gatal-gatal pada area selangkangannya.

Setelah diperiksa ternyata memang ditemukan kutu Phthirus pubis dan juga sebutir telur yang tertanam kuat pada rambut kemaluan sang pria.

“Pubic pediculosis (kutu di rambut kemaluan -red) biasanya menyebar ketika seseorang berhubungan seksual namun bisa juga terjadi bila bersentukan fisik dengan pakaian, tempat tidur, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi,” tulis dr Adan seperti dikutip dari The New England Journal of Medicine, Jumat (6/10/2017).

Menurut dr Adan infeksi oleh kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada remaja dan orang dewasa muda yang aktif secara seksual. Pada kasus sang pasien, dirinya mengaku ia tidak pernah bercinta selama beberapa waktu terakhir.

Dokter pun kemudian memberikannya obat antiparasit oral selama dua minggu dan setelah dicek ia dinyatakan bersih dari kutu.

Phthirus pubis selain di rambut kemaluan sebetulnya bisa ditemukan juga pada rambut tubuh lain yang kasar seperti ketiak atau bulu kaki. Menariknya spesies kutu Phthirus ini bisa ditemukan juga di hewan gorila.

Komentar Anda