Rempong.net – Remaja cenderung larut dalam dunianya sendiri. Salah satu hal yang mereka tunjukkan untuk membuktikan itu adalah kesukaan mereka memakai earphone dalam berbagai kesempatan.

Padahal ada dampak yang tidak bisa disepelekan dari kebiasaan berlama-lama memakai earphone. Seperti halnya diungkapkan pakar audiologi dari AS, William Shapiro.

Dalam video yang diunggah Business Insider, Shapiro mengungkapkan generasi muda adalah mereka yang paling berisiko mengalami ketulian akibat earphone ini, yaitu tiap satu dari lima remaja.

Sayangnya masih banyak yang tidak percaya jika earphone bisa mengakibatkan ketulian. Ia kemudian menjelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.

Menurut staf pengajar di New York University Langone tersebut, di dalam masing-masing telinga terdapat sebuah struktur yang disebut koklea, fungsinya menerima suara dalam bentuk vibrasi atau getaran.

Koklea ini sendiri terdiri atas 15.000 sel rambut yang berperan penting dalam mendeteksi getaran suara. Namun sel-sel ini sangatlah halus dan rapuh.

Baca Juga :   Terlalu Sering Pakai Perhiasan Emas Ternyata Bahaya untuk Tubuh

“Makin dekat earphone ini dengan gendang telinga, makin tinggi tekanan suaranya. Inilah yang kemudian membuat sel-sel rambut pada koklea tadi ‘stres’ dan lama-lama bisa memicu kerusakan pada sel-sel itu,” terangnya.

Persoalannya, sel-sel rambut ini tidak beregenerasi, sehingga bila terjadi kerusakan maka ini sifatnya permanen. “Padahal kebanyakan polusi suara itu berasal dari earphone,” tambahnya

Terkait penggunaan earphone yang aman, dr Damayanti Soetjipto, SpTHT-KL pernah membagikan rumus 60 per 60. Apa itu?

“Jadi volumenya maksimal 60 untuk kiri dan kanan. Dan ingat, batas maksimal mendengarkan musik lewat earphone itu satu jam per hari,” tutur dr Dama, Sepertu dikutip dari laman detikHealth, Minggu, 14 Januari 2018.

Kedua, hindari penggunaan earphone untuk mendengarkan musik sebelum tidur. “Kalau tidur kan otak istirahat, tapi gendang telinga dan sel rambutnya terpapar suara keras terus-menerus dari earphone. Lama-lama nanti sel rambutnya bisa rontok dan akhirnya mengalami gangguan pendengaran,” tandasnya.

Komentar Anda

READ MORE

Ini Dia 5 Akun Instagram Dengan Follower Terbanyak Sejagat

Instagram seolah menjadi platform yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone, terutama kaum milenial. Rasanya tak eksis jika di smartphone tidak terpasang aplikasi Instagram. Nah, pengguna...

Buaya Ditemukan di Sekitar Pantai Ancol, Ini Kata Pengelola

Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan adanya penemuan buaya di Dermaga Pondok Dayung sekitar Tanjung Priok.

Ini 5 Game Keren yang Rilis Februari 2018

Tiap tahun, ribuan game bermunculan, mulai dari game berbasis PC, konsol sampai mobile.

Pengguna Twitter Ini Bertanya Nyeleneh Soal Tuyul, Ini Jawaban Ditjen Pajak

Pemerintah kini telah melakukan sistem komunikasi dua arah agar dapat memberikan pelayanan terbaik hingga mengetahui keluh kesah netizen. Ternyata, ada beberapa pertanyaan nyeleneh yang...

8 Unggahan ‘Kids Jaman Now’ di Facebook Ini Bikin Tepok Jidat Deh

Anak jaman sekarang sepertinya nggak usah diberi smartphone dulu deh. Karena kalau nggak, mereka bakal mengakses media sosial dan bisa jadi akan membuat status...