undang mantan pernikahan
Foto : Seputarpernikahan.com

Tetangga dan kerabat lumrah masuk dalam daftar tamu undangan pernikahan. Namun jika ingin mengundang mantan kekasih, apa ya yang harus dipertimbangkan?

Mengutip dari laman detikHealth, Sri Juwita Kusumawardhani MPsi atau yang akrab disapa Wita, psikolog dari Tiga Generasi mengatakan bahwa sebelum memutuskan untuk mengundang mantan patut mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya histori akhir cinta dengan sang mantan.

“Setelah putus ada yang bisa mempertahankan hubungan, ada yang nggak. Nah kenapa mantan nggak kita undang ke pernikahan mungkin kebanyakan permasalahannya itu masih belum beres,” kata

“Kan sebenarnya yang dikhawatirkan adalah kalau mantan datang ke pernikahan itu akan mengacaukan acara pernikahan kita atau nggak. Tentunya kita perlu dengan bijak menimbang apakah si mantan ini akan mengacaukan atau tidak sih,” sambung Wita.

Yang kedua, lanjut Wita, mengundang mantan kekasih di acara akad maupun resepsi pernikahan tidak bisa diputuskan sendiri. Agar tidak terjadi masalah, penting mendiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan apakah setuju menghadirkan sang mantan atau tidak.

“Misalkan nih kita pacaran 7 tahun terus putus, setelah 1 tahun kita ketemu sama calon suami kita sampai nikah. Terus dia ngerasa ‘duh nggak deh, kamu kan lama banget pacaran sama dia, kayaknya aku masih kalah lah walaupun aku berhasil nikahin kamu’. Jadi ngerasa tetap jadi saingan utama,” papar Wita.

Namun jika mengalami kondisi sebaliknya, diundang mantan ke pernikahannya, pastikan diri sudah siap bila bertemu sang mantan bersanding dengan orang lain. Jika memang berniat datang, Wita berpesan untuk tidak datang sendirian.

“Tanyakan sama diri sendiri, kita udah siap atau nggak. Siapa tahu si pasangan mantan kita itu jadinya insecure juga sama kita. Jadi kita tunjukkan juga lah, kita bukan pihak yang perlu dicurigai. Intinya utamakan perasaan diri sendiri dulu baru perasaan orang lain,” pungkas Wita.

READ MORE

Gadis 18 Tahun Putus Asa, Iklankan Keperawanannya di Koran

Keperawanan bagi banyak wanita adalah sebuah harga diri, yang harus dijaga hingga saatnya tiba untuk melepaskan dengan pasangannya, yaitu suami. Tetapi, kebanyakan wanita saat...

Kocak, Ini 9 Meme THR Belum Cair

Rempong.net - THR adalah salah satu moment paling ditunggu orang banyak, apalagi kita bekerja sudah sekian lama. Setiap orang yang bekerja di Indonesia pasti menantikan...

Ini 4 Hal Mengejutkan Tentang Pengunjung Hotel Menurut Pengakuan Pegawai Hotel

Bicara soal hotel, apa yang ada di benak kita? Terpikir tentang ranjang terbungkus rapi dalam linen putih bersih? Atau mungkin kita mengharapkan mendapatkan ketenangan...

Selama 14 Tahun, Pria Nasrani Ini Konsisten Bangunkan Sahur!

Rempong.net - Setiap orang berhak berbuat baik terlepas dari apapun keyakinan yang dianutnya. Toh, semua keyakinan tentu mengajarkan untuk berbuat baik ke sesama manusia...

Nama-Nama Jalan Indonesia yang Dijamin Bikin Ngakak

Rempong.net - Di zaman modern ini, mencari jalan untuk bepergian bukan lagi perkara yang sulit. Hanya membuka aplikasi peta pada gawai pintar (smartphone), perjalanan...

Komentar Anda