Bahaya Minum Bir Berlebihan
Foto: Pixabay.com

Konsumsi minuman beralkohol di Indonesia bukan merupakan hal yang umum dan penjualannya juga terbatas. Namun demikian bagi mereka yang memang meminumnya dokter menyarankan agar saat tahun baru jangan terlena suasana pesta dan minum berlebih.

Pakar kesehatan jiwa dr Andri SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera mengatakan alkohol yang diminum berlebihan efek pada tubuh bisa mengganggu fungsi ginjal. Selain itu alkohol juga akan menekan sistem saraf pusat memengaruhi kondisi psikologi seseorang yang oleh awam disebut mabuk.

“Pada kenyataannya banyak sekali orang (Indonesia) yang menggunakan alkohol, bahkan beberapa di antaranya secara berlebihan. Pesan saya adalah ketika kita menggunakan alkohol, harus kita pahami zat ini sebenarya adalah zat berbahaya yang bisa merusak,” kata dr Andri, seperti dikutip dari detikHealth, Jumat (29/12/2017).

Baca Juga :   Penelitian: Mencium Aroma Baju Pasangan Bisa Hilangkan Stres

Selain itu dr Andri menyarankan juga orang yang mengonsumsi minuman beralkohol pada malam tahun baru agar berhati-hati di jalan dan jangan mengemudi sendiri.

“Yang paling sering harus diingatkan adalah ketika selesai berpesta dan menggunakan alkohol, apalagi dalam jumlah yang banyak, jangan mengemudi,” kata dr Andri.

“Lebih baik gunakan taksi untuk pulang daripada memaksa mengemudi karena ketidakwaspadaan bisa membuat kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Komentar Anda

READ MORE

Ini Cara Buat Status Berlatar Foto di Facebook

Rempong.net - Facebook diam-diam menguji fitur baru. Fitur tersebut berupa gambar latar yang bisa disematkan di balik update status teks penggunanya. Gambar latar (background) yang...
video

Detik-Detik Penampakan Tornado ‘Ekor Iblis’ di Meksiko

Rempong.net - Sebuah fenomena alam nan menakjubkan terjadi di Chihuahua, utara Meksiko. Fenomena alam itu adalah badai tornado supercell. Tak seperti badai reguler, tornado supercell...

8 Kota di Eropa Paling Mahal Dikunjungi

8 negara dengan biaya paling mahal untuk dikunjungi di Eropa (kira-kira biaya segitu sudah cukup untuk tinggal selama 2 malam):
video

Detik-Detik Mengerikan Pesawat Jatuh Di Jalan

Saat pengemudi sedang menunggu lampu hijau di persimpangan jalan di daerah Mukilteo, mereka dikejutkan dengan kejadian seperti dalam film-film blockbuster. Tiba-tiba sebuah pesawat bermesin tunggal...

Terkuak, Ini Deretan Tarif ‘Endorse’ Para Artis

Endorse kini menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan barang. Biasanya, penjual barang menggunakan jasa endorse dari orang-orang ternama yang memiliki akun media sosial...