Putus cinta mungkin adalah masa paling sulit yang pernah dihadapi seseorang, apakah Anda salah satunya? Tidak peduli bagaimana cara Anda dan mantan kekasih mengakhiri hubungan, putus cinta bisa terasa sangat menyakitkan karena memori-memori indah dan tidak terlupakan.

Jika Anda masih berjuang untuk move on setelah putus cinta, jangan khawatir, dilansir dari purewow.com, Rabu (17/5/2017), berikut ini adalah beberapa cara yang terbukti secara ilmiah dapat membuat Anda move on, setelah putus cinta. Penasaran?

1. Dengarkan lagu cinta
Menurut para peneliti di Durham University, Inggris, musik bertemakan cinta yang sedih bisa menjadi bentuk terapi bagi Anda yang merasakan hal yang sama. Tidak perlu ragu untuk mendengarkan musik sedih lagi setelah putus cinta.

2. Tulis jurnal
Rangkum dan catat perasaan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa menulis tentang pengalaman traumatik dapat membantu, karena Anda bisa memahami keseluruhan cerita.

3. Menangisi hubungan
Tentu Anda tidak ingin terus merasa sedih karena putus cinta, selama apapun hubungan yang pernah dijalin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology menemukan bahwa banyak orang membutuhkan waktu sekitar 11 minggu untuk move on.

Gunakan waktu tersebut sebaik-baiknya untuk menangisi hubungan yang telah berlalu. Setelah itu, bangkit dan lanjutkan hidup Anda.

Baca Juga :   Begini Cara Berlindung dari Serangan Zombie Menurut Sains

4. Jauhi internet
Setelah putus cinta, banyak orang mulai melakukan pengintaian terhadap mantan kekasih melalui internet, apakah Anda juga melakukannya? Menurut para peneliti sains di Brunel University, London menemukan bahwa mengintai mantan di internet dapat menunda waktu move on Anda sendiri.

5. Bersihkan pikiran dan hati
Sama seperti rumah yang baru saja didatangi tamu, Anda harus membersihkannya, bukan? Bersihkan pikiran dan hati untuk membiarkan hal-hal baru masuk.

6. Berbohong sampai Anda bisa jujur dengan sendirinya
Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience menemukan bahwa berbohong tentang perasaan Anda setelah putus cinta dapat memicu otak untuk mengurangi rasa sakit. Ini adalah bukti bahwa pikiran dapat sangat mempengaruhi Anda.

7. Mencintai diri sendiri
Gunakan waktu Anda untuk merawat dan mencintai diri sendiri. Masa-masa sulit seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda berharga lebih dari apapun.

8. Mencoba lagi
Sebuah studi yang dilakukan oleh Queens College menemukan bahwa orang yang berani mencoba kembali setelah putus cinta mendapatkan kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan tidak lagi terpaku pada mantan kekasih. Cintai diri sendiri, kemudian keluarlah untuk bertemu orang baru setelah putus cinta.

Komentar Anda

READ MORE

Punya Gaya Nyeleneh, Mimi Peri Diangkat Jadi Duta Kamtibmas

Hayo siapa yang tak kenal dengan Mimi Peri Jatuh dari Kahyangan? Yap, sosok satu ini memang bikin geleng-geleng kepala sekaligus ngakak. Pria yang sering...

Pria Ini Dijebloskan ke Penjara Akibat Beli Boneka Seks Menyerupai Anak

Pengadilan Norwegia menjatuhkan hukuman penjara selama enam bulan kepada seorang pria yang membeli boneka seks menyerupai anak-anak secara daring. Pembelian boneka seks menyerupai anak-anak yang berakhir hingga...

Mengenal 3 Versi Ransomware WannaCry yang Bikin Heboh

Jumat (12/5/2017) lalu ada sebuah serangan cyber yang bikin heboh, bentuknya ransomware dengan nama WannaCrypt. Ternyata ransomware itu mempunyai tiga versi, apa saja? Nama resmi...

Kelainan Genetik, Wanita Ini Terus Merasa Lapar Meski Sudah Banyak Makan

Alex Brown bukannya tidak mau mengontrol nafsu makannya tapi ia tidak bisa. Wanita asal Paso Robles, California, ini mengidap gangguan genetik yang membuatnya terus-terusan merasa lapar.

Tukang Bajaj Tuntut Aktor Top Bangladesh Gara-gara Nomor Ponsel, Kok Bisa?

Ketika filmnya yang yang berjudul Rajneeti rilis di layar lebar pada bulan Juni 2017, para penggemar tak ketinggalan menontonnya. Namun kesuksesan film tersebut justru mendatangkan kesialan bagi seorang warga sipil