Tinggal menghitung hari bagi umat Kristiani di seluruh dunia memperingati hari natal. Persiapan pun mulai dilaksanakan untuk memperingati hari besar ini. Ada yang sudah membeli pohon natal, membeli baju santa claus, membeli kado, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di beberapa negara ada tradisi-tradisi unik tiap kali memperingati natal. Jadi, ketika natal tiba para umat Kristiani tidak hanya datang ke gereja, tetapi juga melaksanakan tradisi tersebut. Kira-kira tadisi seperti apa ya ?

1. Berenang di danau es (Inggris)

Saat mendekati natal, cuaca di Eropa berubah menjadi dingin, bahkan mulai turun salju. Alhasil air di sungai maupun danau akan terasa sangat dingin. Namun dinginnya air danau tidak mempengaruhi warga Inggris untuk memperingati tradisi disana. Sekelompok orang biasa akan berkumpul di tepi Danau Serpentine kemudian berenang sejauh 100 meter. Tidak diketahui pasti mengapa mereka menceburkan diri ke sungai yang hampir membeku tersebut.

2. Melempar sepatu (Republik Ceko)

Tradisi yang ada di Republik Ceko ini mungkin lebih mirip seperti meramal masa depan. Jadi, perempuan yang belum menikah biasanya akan melempar sepatu secara perlahan dari pintu rumah. Apabila ujung sepatu menghadap ke rumah, maka sebentar lagi ia akan mendapatkan jodoh. Tradisi ini dilakukan pada malam natal.

3. Menyembunyikan sapu (Norwegia)

Di Norwegia, penduduk disana akan menyembunyikan sapu pada malam natal. Tujuannya adalah supaya penyihir tidak dapat mengambil sapu tersebut. Ya, meski dunia sudah modern tetapi tradisi kuno seperti mempercayai penyihir masih saja ada.

4. Melempar puding ke langit-langit rumah (Slovakia)

Bagi petani di Slovakia, ada cara unik untuk mengetahui apakah hasil panen tahun depan memuaskan atau tidak. Caranya adalah dengan melemparkan puding ke langit-langit rumah pada hari natal. Semakin lama puding menempel di atas, maka semakin baik pula hasil panennya.

5. Makan KFC (Jepang)

Dibandingkan tradisi lainnya yang ada di atas, mungkin tradisi di Jepang ini yang paling enak. Ya, masyarakat Jepang seperti sudah menganggap KFC adalah makanan pokok dan harus ada pada hari natal. Maka dari itu, masyarakat disana sampai memesan KFC jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Hmm, apakah ini tradisi atau cara KFC memasarkan produknya ?

Komentar Anda