Foto: BBV Travel

Rempong.net – Bayangkan, suatu bukit berisi 100.000 salib. Inilah kisah bukit 100.000 salib dari Lithuania yang paling terkenal di Eropa. Menyimpan kisah yang tak biasa.

Dilansir dari BBC Travel, Rabu (8/11/2017) sekitar 11 km di luar kota Siauliai di utara Lithuania, nampak bukit yang penuh salib. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 100.000 salib!

Dentingan kalung rosario yang tertiup angin seakan menciptakan nuansa tersendiri. Terkenal dengan nama Hill of Crosses ada banyak versi tentang sejarah tempat ini.

“Bukit tersebut menyimpan banyak rahasia,” ujar Vilius Puronas yang merupakan seniman lokal dan sejarawan.

Foto: BBC Travel

“Menurut cerita rakyat, dulu pernah ada sebuah gereja di tempat bukit itu berdiri. Saat badai besar datang, petir menyambar dan mengubur habis gereja tersebut bersama dengan seluruh jamaah yang berada didalamnya. Penduduk setempat percaya, sampai saat ini masih bisa merasakan roh pendeta yang gentayangan di kaki bukit saat matahari terbit. Namun seiring berjalannya waktu, itu seolah menjadi cerita rakyat belaka,” lanjutnya.

Versi lainnya pada tahun 1348, terdapat sebuah kastil kayu yang ditinggali oleh kumpulan warga Samogitian. Namun naas, kastil tersebut kemudian dihancurkan oleh seorang pendeta-tentara dari Jerman. Dari situ, banyak yang percaya bahwa orang- orang Samogitian yang selamat mengubur kawanan mereka di bukit tersebut.

Foto: BBC Travel

Dari banyaknya cerita yang beredar, cerita mengenai seorang anak yang sembuh karena ayahnya menancapkan salib di bukit tersebut adalah yang paling terkenal. Keajaiban inilah yang menjadi daya tarik wisatawan. Pelancong dari seluruh dunia berbondong-bondong datang ke Bukit Salib untuk berdoa dan menaruh harapan mereka pada sebuah salib yang ditancapkan di bukit tersebut. Mereka berharap segala doa dan permintaan mereka akan terkabul.

Namun tidak semua salib yang ditancapkan merupakan harapan dan doa. Adapula yang merupakan simbol duka dan kenangan pada aksi pemberontakan terhadap Uni Soviet di abad ke-19. Dalam usahanya membasmi Kristiani di blok timur, Uni Soviet menghancurkan dan membakar seluruh kayu salib yang ada di bukit.

Foto: BBC Travel

Selain itu, mereka juga memindai seluruh logam dan batu untuk konstruksi. Bagi yang berani membawa salib ke bukit tersebut akan didenda dan dipenjarakan. Namun anehnya, salib yang berada di atas gundukan bukit terus bertambah di tengah malam. Hal ini dipercaya terjadi sebagai aksi pemberontakan dari penindasan terhadap kaum religi. Sekarang, setelah lebih dari seperempat abad dari kejatuhan Uni Soviet, salib di bukit tersebut masih kokoh berdiri.

“Untuk sebagian orang, Bukit Salib merupakan tempat untuk merenung dan berdoa. Sedangkan yang lain merasa bahwa Bukit Salib merupakan simbol dari penolakan dan perlawanan di masa kelam. Sisanya merasa, Bukit Salib sebagai tempat ‘pelarian’ dari rutinitas yang membosankan,” kata Vilius Puronas menutup cerita.

READ MORE

Takut Kejadian Serupa, Tukang Service Bikin Tulisan Yang Cukup Unik

Kisah tragis Muhamad Aljahra yang tewas dibakar hidup-hidup telah mencuri perhatian netizen. Kejadian ini membuat banyak tukang servis jadi takut tertimpa kasus serupa. Muhamad Aljahra...

8 Unggahan ‘Kids Jaman Now’ di Facebook Ini Bikin Tepok Jidat Deh

Anak jaman sekarang sepertinya nggak usah diberi smartphone dulu deh. Karena kalau nggak, mereka bakal mengakses media sosial dan bisa jadi akan membuat status...

5 Negara dengan Suhu Paling Ekstrem, Lebih Panas dari Indonesia

Ada negara lain yang justru memiliki suhu yang lebih tinggi berkali-kali lipat dari Indonesia. Wajar saja jika bagi sebagian besar warga negara asing yang pergi ke Indonesia, harus menyesuaikan diri dengan suhu panas dan teriknya matahari di Indonesia.

Surat Harry Potter Masuk Hogwarts Dilelang dengan Harga Fantastis

Harry Potter baik film dan novelnya membuat penggemar jatuh cinta dengan ceritanya yang penuh magis. Karya yang dianggap sebagai salah satu budaya pop ini...

3 Momen Kocak Ini Terjadi Saat Akad Nikah Raisa dan Hamish

Masih seputar pernikahan penyanyi top tanah air, Raisa Andriana dengan Hamish Daud, perhatian netizen tidak hanya pada romantisme dan kebahagiaan mempelai berdua. Acara akad nikah...

Komentar Anda