Rempong.net – Suasana haru dan khidmat terasa saat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang digelar di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta, Rabu, 8 November 2017.

Dalam ijab kabul pernikahan dipandu oleh Kepala KUA Kecamatan Banjarsari, Basir gurat wajah tegang terpancar dari wajah Jokowi dan Bobby tampak tegang.

Sebelum prosesi ijab kabul dimulai. Agus Maarif membacakan surat Ar-Rum ayat 21 jelang ijab kabul. Surat ini berisi tuntunan berkeluarga sakinah. Usai itu, Bobby menyerahkan mas kawin berupa seperangkat alat shalat dan emas 80 gram.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj kemudian membacakan pesan-pesan untuk kedua calon mempelai.

Dalam pesannya Kyai Said menyampaikan menikah adalah ibadah dan ibadah harus sesuai dengan syariat Islam.

“Akadnya adalah syariat (Islam), selebihnya adalah budaya Islam Nusantara,” ujar Said.

Perjodohan antara Bobby dan Kahiyang adalah tanda kebesaran Allah-lah. Selain pertemuan fisik, juga pertemuan akhlak, budaya, peradaban, martabat dan kepribadian,” kata Said.

“Insya Allah, Mas Bobby dan Ananda Kahiyang, akan menempati tempat tinggal yang mewah dan nyaman. Tapi, itu tidak ada gunanya jika tidak ada sakinah. Sakinah hanya ada di hati orang beriman,” ucap Said.

Baca Juga :   Terkuak, Ini Alasan Racun Kalajengking Bisa Bikin Kaya Mendadak

“Semoga kedua mempelai diberikan bimbingan oleh Allah SWT,” kata Said.

Jokowi yang menikahkan Kahiyang diawasi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Ekonomi Darmin Nasution yang menjadi saksi pernikahan. Selain itu tampak pula ulama Buya Syafii Maarif.

“Bismillahirahman nirrahim. Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution bin Erwin Nasution almarhum,” kata Jokowi.

“Saya, Muhammad Bobby Afif Nasution bin Erwin Nasution,” ucap Bobby.

“Saya nikahkan dan jodohkan anak kandung perempuan saya dengan engkau Bobby bin almarhum Erwin Nasution dengan mas kawin dan seperangkat alat shalat serta emas 80 gram, dibayar tunai,” kata Jokowi.

Bobby menjawab kalimat itu. Setelah itu, Basir menanyakan kesahihahan pernikahan mempelai itu kepada saksi.

“Sah!”

Setelah prosesi ijab kabul, Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir memimpin doa bagi kedua mempelai. Dalam doanya, Haedar berharap pernikahan Kahiyang dan Bobby dapat diberikan ridho dan diberikan keturunan yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Komentar Anda

READ MORE

Ngeri, Ini Penampakan Cacing yang Menggeliat di Perut Penggemar Sushi

Dulu, banyak orang merasa aneh jika makan ikan mentah, misalnya dalam bentuk sushi atau sashimi. Belakangan, meningkatnya popularitas makanan Jepang itu meroket. Orang dewasa...
video

Video: Dahsyat 25 Ton Dinamit Hancurkan 36 Gedung dalam 20 Detik

https://cdn-a.news.rempong.net/content/video/2017/480x270_MP4_2865492576779811261.mp4 Adegan saat sebuah kota hancur dalam hitungan hanya 20 detik terekam dalam sebuah video. Rekaman dari Kota Zhengzhou ibu kota Provinsi Henan, China itu...

7 Kasus yang Mengancam Kebebasan Berpendapat

Kebebasan berpendapat menjadi landasan utama demokrasi modern. Namun, kerap kali untuk kebebasan berpendapat itu membentur peraturan atau norma yang ada. Atau ada kalanya pendapat itu...
video

Buaya Cerdik Tangkap Hiu di Belakang Kapal Nelayan

Sepasang pembuat film di kapal nelayan Australia berhasil menangkap rekaman gambar langka, saat seekor buaya menyelinap dan menyerang seekor hiu. Menurut PerthNow, Sabtu 5 Agustus...

Ini Jalan Paling Ribet di Dunia, Hati-hati Tersesat?

Rempong.net - Anda mungkin akan bingung melihat jalan ini. Terlihat tak ada ujung dan pangkalnya. Bila disuruh lewat sana, pasti Anda akan berpikir pasti...