Bazin, baju tradisional Afrika untuk Lebaran. (Foto: Aaron Beyers/Mvslim)

Rempong.net – Hari Raya Idul Fitri dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tak hanya negara Timur Tengah dan Asia yang punya ‘baju lebaran’, umat muslim Afrika pun punya baju khusus untuk dipakai di Hari Raya.

Busana tradisional Afrika yang sering dipakai di Hari Raya adalah bazin. Bazin memiliki potongan yang mirip dengan baju koko, yaitu atasan panjang dengan embroidery etnik.

Sebuah masjid yang berada di kawasan Antwerp, Belgia Eropa memiliki jamaah umat muslim dari Afrika. Mereka yang melakukan salat Eid di sana kompak memakai bazin.

Baju Lebaran Khas Afrika
Contoh bentuk bazin, baju Lebaran khas Afrika. (Foto: Aaron Beyers/Mvslim)

Penampilan mereka didokumentasikan oleh fotografer Aaron Beyers untuk fashion spread Mvslim. Terlihat para pria baik dewasa maupun anak-anak memakai setelan bazin. Atasan dan celana yang mereka pakai terbuat dari bahan dan warna yang sama.

Baca Juga :   Takut Ketahuan, Pencuri di Rusia Mengecat Hijau Wajahnya
Baju Lebaran Khas Afrika
Anak pria asal Afrika memakai bazin saat Lebaran. (Foto: Aaron Beyers/Mvslim)

Warna dan motif yang dipakai cukup beragam. Ada bazin yang memakai kain berwarna solid tanpa embroidery, ada pula bazin yang memakai kain bermotif printing. Namun potongannya tetap sama. Di Indonesia, baju seperti ini dikenal sebagai baju koko Pakistan dan banyak dijual di Tanah Abang.

Adapun perempuan Afrika yang hadir hari itu memakai busana yang mirip dengan kaftan. Mereka memakai long dress dipadukan dengan pashmina. Yang membedakan long dress para wanita Afrika dengan Indonesia adalah jenis dan motif kainnya.

Lebaran di Afrika
Penampilan wanita Afrika saat Lebaran. (Foto: Aaron Beyers/Mvslim)

Mereka tampil penuh warna seperti oranye, biru elektrik, hijau, hingga ungu. Kain yang digunakan terlihat mengkilap dan tebal. Corak-corak etnik yang tegas menambah kesan playful busana mereka. (enk)

READ MORE

‘Ibu Indonesia’ Puisi Sukmawati Soekarnoputri Berujung Laporan Ke Polisi

Puisi Sukmawati Soekarnoputri yang berjudul 'Ibu Indonesia' di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 menuai kontroversi. Atas puisi itu, Sukmawati berujung dipolisikan.

5 Aturan Pakai Kacamata untuk Hijabers

Tidak sedikit wanita berhijab yang memakai kacamata setiap hari. Beberapa hijabers yang tidak menggunakan kacamata minus pun memiliki kumpulan kacamata gaya untuk dipakai saat...

Hati-hati! Pijatan Setelah Memotong Rambut Bisa Merusak Saraf

Baik di salon atau tukang cukur pasti memberikan pelayanan ekstra berupa pijatan di bagian kepala hingga leher pada pelanggannya. Tidak dipungkiri, pijatan ini sangat...

Salah Tempat, Dua Orang Turis Budha Sangka Masjid Sebagai Kuil

Rempong.net - Kata toleransi beberapa waktu terakhir sering sekali digaungkan. Seolah-olah tidak ada lagi manusia di dunia ini yang memiliki rasa tenggang rasa terhadap...

Berhenti Merokok & Menabung, Keluarga Ini Mudik Pakai Motor Baru

Rempong.net - Bagi sebagian orang, berhenti merokok cukup susah. Namun selagi ada niat dan komitmen tak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini...

KOMENTAR ANDA