Tips Hilangkan Ngiler
Ilustrasi tidur. (Foto : Istimewa)

Rempong.net – Setiap orang pasti pernah mengalami ngiler saat tidur. Bagi sebagian orang kebiasaan ini sangat memalukan, padahal ngiler saat tidur adalah hal wajar. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada tips untuk menghilangkan kebiasaan ngiler saat tidur. Berikut tips menghilangkan ngiler dikutip dari hallosehat:

1. Ubah posisi tidur

Jika Anda selama ini suka tidur menyamping atau tengkurap, kini waktunya coba mengubah posisi tidur favorit Anda. Coba biasakan tidur telentang dengan menyisipkan guling atau bantal tebal di kedua sisi tubuh, dan di bawah lutut agar Anda tidak berguling pindah posisi di tengah malam.

Cari juga bantal tidur yang tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus mendongak atau justru terkulai menunduk selama tidur, cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang.

Posisi tubuh ini bisa menampung air liur di tenggorokan dan gaya gravitasi membantu mencegah air liur keluar merembes dari mulut.

2. Kurangi makanan manis

Cobalah untuk membatasi makanan manis dan bergula sebagai cara menghilangkan ngiler saat tidur. Banyak makan makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut.

Baca Juga :   Makanan Paling Buruk Saat Makan Siang Menurut Ahli Diet

3. Berobat ke dokter

Jika liur yang keluar selama tidur malam sangat berlebihan sampai tampak seperti banjir, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Apalagi jika sampai disertai gejala lain misalnya kesulitan bernapas atau pembengkakan bibir atau wajah. Ngiler yang parah bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

Produksi air liur yang terlalu banyak juga berisiko menyebabkan Anda tersedak saat tidur yang bisa membahayakan. Ketika menarik napas, liur yang menggenang dapat mengalir masuk ke dalam paru-paru dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi paru-paru yang disebut pneumonia aspirasi.

4. Obati alergi dan sinus

Infeksi sinus, pilek, dan alergi yang kambuh bisa bikin tidur tak nyenyak sampai mengiler karena hidung tersumbat. Maka, minum dulu obat Anda sebelum tidur agar bisa bernapas lega selama tidur.

Kebanyakan obat flu, alergi, dan pilek bisa dibeli di apotek atau toko obat tanpa harus menebus resep.

READ MORE

Ketahuan Suka Minum ASI, Pengasuh Bayi di Taiwan Dipecat Majikan

Seorang ibu muda asal Kaohsiung, Taiwan terpaksa memecat pengasuh anak perempuannya karena dianggap melakukan hal gila. Yakni meminum ASI alias air susu ibu.Sejatinya tugas...

4 Bahaya Menggunakan Sendal Jepit Terlalu Lama

Menggunakan sendal untuk beraktivitas sehari-sehari, ternyata berdampak buruk pada kesehatan. Meski pemakaiannya yang sederhana dan mudah, ternyata sendal tidak disarankan dikenakan dalam waktu lama.Bagi...

Viral Pria Merokok di Atas Pesawat, Ditegur Petugas Malah Melawan

Video tersebut diunggah oleh seorang bule yang kebetulan berada di dalam pesawat yang sama dan merekam kejadian tersebut. Menurut bule bernama Manuel Buchaher itu, pesawat yang ia tumpangi akan berangkat ke Bali dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Berparas Cantik, Foto Petugas KRL Ini Jadi Viral

Baru-baru ini beredar sebuah foto yang lantas menjadi perbincangan netizen. Foto tersebut adalah foto petugas KRL wanita yang memiliki paras cantik. Dikatakan foto tersebut diambil di Stasiun Manggarai.

Mencekam, Detik-Detik Pria Diserang Kawanan Angsa Saat Main Golf

Korban sial yang mengalami peristiwa menggelikan itu yakni Issac Couling. Ketika itu pria berumur 16 tahun tersebut melakukan turnamennya di Wolf Creef Golf Course, Michigan.

KOMENTAR ANDA