pesawat amfibi terbesar di dunia
Foto: Kunlong, pesawat amfibi terbesar di dunia (Reuters)

Rempong.net – China berhasil membuat pesawat amfibi terbesar di dunia. Panjang sayapnya 38 meter, dan bisa membawa 50 orang penumpang. Pesawat ini sudah sukses diuji coba.

China memang berambisi jadi negara terdepan dalam setiap hal. Dalam industri penerbangan, China pun sukses menciptakan pesawat amfibi yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia.

Pesawat AG600 produksi China yang diberi nama ‘Kunlong’ ini pun berhasil diuji coba pada bulan Desember lalu. Dilansir dari Xinhua, Kamis (18/1/2018), pesawat ini sukses mengudara selama kurang lebih 1 jam di atas langit Kota Zhuhai, China.

pesawat amfibi terbesar di dunia
Foto: Reuters

‘Kunlong’ sendiri memiliki panjang bentang sayap 38,8 meter. Pesawat amfibi ini ditenagai oleh 4 mesin turbo propeler yang menempel di bagian sayapnya. Pesawat ini pun mampu membawa hingga 50 orang penumpang, serta bisa mengudara selama 12 jam non stop.

“Penerbangan perdana ini membuat China termasuk dalam negara yang bisa mengembangkan pesawat amfibi berukuran besar,” ujar Huang Ling Cai, kepala desainer pesawat ini kepada Xinhua.

Baca Juga :   VIDEO: 3 Pria Youtuber Pecahkan Rekor Tembakan Basket Sejauh 200 Meter

Pesawat AG600 ini berukuran hampir sebesar Boeing 737. Pesawat ini bahkan bisa mengangkut 12 metrik ton air hanya dalam waktu 20 detik untuk keperluan pemadaman kebakaran hutan.

Lebih kerennya lagi 98% komponen pesawat ini diproduksi sendiri di dalam China. Istilah kerennya: ‘Karya Anak Bangsa’.

‘Kunlong’ rencananya akan digunakan untuk keperluan militer, tetapi aplikasinya juga bisa digunakan untuk pemadaman kebakaran hutan, serta misi penyelamatan di laut. Ke depannya, mungkin bisa juga untuk berwisata.

Dengan kemampuan bisa mendarat di 2 medan (daratan dan lautan), pesawat amfibi seperti ini sangat cocok digunakan di negara kepulauan seperti Indonesia. Jadi, kapan Indonesia bisa membuat pesawat amfibi seperti China?

READ MORE

Deretan Tingkah Nyeleneh Pengendara Motor Bikin Gagal Paham

Walaupun membuat kita terheran-heran sampai geli tertawa karena tingkah laku berkendara sejumlah pengendara motor ini. Namun, kita harus tetap berhati-hati saat di jalan.

4 Profesi Aneh yang Muncul Gara-Gara Internet

Kehadiran internet benar-benar mengubah dunia. Hal yang dahulu tidak bisa dilakukan, seperti berkomunikasi langsung dari satu belahan bumi ke belahan bumi lainnya, kini bisa...

Pria Ini Pecahkan Rekor Bisa Padamkan 37 Korek Api Dengan Lidah

Ashrita Furman, pria asal New York Amerika Serikat kembali mencatat rekor baru dalam Guinness World Record. Pria berusia 61 tahun ini berhasil memadamkan 37...

Di Jepang, Ayah Palsu Bisa Disewa dengan Harga Rp 3,6 Jutaan Per Hari

Hal-hal yang aneh, unik dan terdepan, tidak ada tempat lain untuk menemukannya selain di Jepang. Setelah marak jasa pacar sewaan, kini Jepang punya 'produk'...

Ada Kisah Haru di Balik Pria yang Cincin Kawinnya dari Staples Bekas Operasi

Pria asal Singapura ini membuat cincin kawinnya tak biasa karena terbuat dari kumpulan staples bekas operasi.

KOMENTAR ANDA