Yudhistira yang mencetak buku perlajaran tersebut.
Palestina Tak Memiliki Ibu Kota (Foto: Istimewa)

Dunia kini tengah dihebohkan dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Yerussalem sebagai ibu kota Israel. Saat isu itu masih memanas, kini warganet juga dihebohkan dengan beredarnya foto buku IPS kelas 6 SD yang mencantumkan Yerussalem sebagai ibu kota Israel.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, mengaku kecewa dengan lolosnya cetakan itu.

“Penulisan buku ajar yang ada kekeliruan isi bahkan substansi bukanlah kejadian pertama. Ini sudah terjadi kesekian kalinya,” kata Retno dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Dream, Rabu 13 Desember 2017.

Jika memang terjadi kesalahan, kata dia, merupakan suatu kelemahan pengawasan dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap buku-buku ajar.

“Kelemahan pengawasan mulai dari adanya konten kekerasan sampai pornografi, dan sekarang kekeliruan penulisan ibu kota Israel adalah Yerussalem,” ucap dia.

Retno menegaskan, untuk mengumpulkan data dan penjelasan yang utuh dalam proses penyusunan buku hingga beredar, KPAI berencana memanggil penerbit Yudistira pekan depan.

“Pemanggilan dijadwalkan pada Senin, 18 Desember 2017, jam 13.30 WIB di KPAI,” ujar dia.

Kepala Penerbit Yudhistira, Dedi Hidayat, dalam keterangan resminya mengucapkan permintaan maaf atas munculnya terbitan itu. Dedi mengatakan, data yang ditampilkan menjadi bahan materi itu didapat dari world population data sheet 2010.

“Kami tidak mengetahui kalau ternyata data tersebut masih menjadi perdebatan dan belum diakui secara internasional. Perlu kami sampaikan juga beberapa sumber di internet juga mencantumkan hal yang sama,” kata Dedi.

“Berkenaan dengan hal tersebut di atas kami mohon maaf apabila sumber yang kami ambil dianggap keliru. Kami akan melakukan perbaikan atau revisi isi buku tersebut pada cetakan berikutnya,” ucap Dedi.

READ MORE

video

Video Klip Despacito Pecahkan Rekor YouTube

Sejak pertama kali dirilis pada Januari 2017, lagu Despacito yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee menjadi populer di seluruh dunia. Tak cukup...

Diduga Baru Belajar Nyetir, Mobil Ini Berakhir di Atap Pura

Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan kendaraan bermotor terbesar di Asia. Menurut data yang dihimpun oleh Menteri Perhubungan, Indonesia menempati peringkat ke-3 sebagai...

Video remaja mesum di hotel bikin heboh warga Samarinda

Warga Samarinda, Kalimantan Timur, dibikin heboh dengan penyebaran video remaja putra putri diduga dilakukan di dalam kamar hotel. Salah satu pemerannya diduga mantan siswa...

Gadis Asal Banten Kecewa Berat Pacar Tak Seganteng di Facebook Dan Minta Bantuan Polisi

Gadis asal Banten ini rela datang ke Tulungagung untuk menemui pacarnya yang mengaku sakit itu. Namun, yang ia dapati adalah pria yang sangat berbeda.

Sebelum Menara Pisa dan Candi Borobudur, Ini 7 Keajaiban Pertama di Dunia

Saat ini hutan Amazon, Macchu Pichu, Pulau Jeju, dan Pulau Komodo disebut sebagai salah satu keajaiban dunia saat ini. Bahkan Menara Pisa dan Candi...

Komentar Anda