Ilustrasi © Internet

Meski perlahan masyarakat Indonesia mulai meninggalkan cara tradisional pernikahan seperti menjodohkan atau menikah muda, faktanya masih terdapat sebagian masyarakat yang menganut paham semacam ini. Pernikahan dini dan perjodohan masih sering ditemui di daerah terpencil Indonesia.

Menurut data Komisi Perempuan Indonesia jumlah anak-anak yang melakukan pernikahan dini kian meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu menurut data yang dihimpun oleh seorang profesor dari UIN, 62% wanita menikah karena hamil dan 21% menikah karena ingin memperbaiki kondisi ekonomi keluarga.

Salah satu penyebab pernikahan di bawah umur adalah paksaan orangtua. Anak yang terpaksa dijodohkan mengalami dampak buruk psikologis dan kesehatan, parahnya ancaman depresi dapat menyerang. Contoh nyata baru-baru ini terjadi pada seorang gadis asal Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Gadis yang masih berusia 18 tahun tersebut nekat menenggak racun hama Senin (15/05) kemarin karena dijodohkan oleh orangtuanya. Cara gadis ini merupakan bentuk penolakan terhadap pria yang tak dicintainya tersebut. Beruntung tindakannya tidak berakibat fatal, nyawa gadis malang ini masih bisa diselamatkan.

Baca Juga :   VIDEO: Pencuri Gunakan Mesin Berat untuk Curi Mesin ATM

Orangtua gadis yang baru lulus dari SMA Negeri ini langsung melarikannya ke Puskesmas Batimurung saat mengetahui putri mereka nekat mengonsumsi racun hama.

“Dia pertama kali ditemukan oleh kakaknya. Saat itu dia sudah pingsan dan di sampingnya terdapat botol racun hama yang dipakai di sawah,” ujar keluarga gadis tersebut dikutip dari berbagai sumber. Keluarga tersebut membenarkan bahwa orangtua si gadis menerima pinangan seorang lelaki yang masih bertalian darah dengan mereka. Meski kalian terpaksa dijodohkan, Jangan lakukan hal itu ya rempongners.

READ MORE

Alfamart Siapkan ‘Kado’ untuk Ibu yang Curhat di Medsos

Salah satu ritel di Indonesia, Alfamart, meminta warganet untuk mencari suami dari sang ibu.

Aneh, Di India Ada Ritual Manusia Menikahi Anjing

Di India terdapat ritual penikahan unik. Seseorang baik pria atau wanita harus menikahi anjing sebelum menikahi pasangan manusianya demi keberuntungan.Beragam kepercayaan dan ritual yang...

Pocong Bersandar di Tiang Listrik, Setelah Diperiksa Ternyata…

Rempong.net - Beberapa hari ini, warga Surabaya dibuat cemas setelah muncul secara viral gambar pocong di media sosial. Foto pocong bersandar di tiang listrik...

5 Media Sosial Yang Pernah Populer Dimasanya

Inovasi tak dimungkiri telah menjadi bagian dari media sosial. Dari masa ke masa, pengguna internet selalu dihadapkan dengan media sosial yang berbeda dan menawarkan...
video

Video : Master Kung Fu Tarik Bus dengan Alat Vital

Tiongkok sepertinya tak pernah habis menghadirkan cerita-cerita heboh. Kali ini giliran aksi seorang master kung fu yang menarik sebuah bus menggunakan alat vitalnya. Aksi...

KOMENTAR ANDA