Penggeledahan rumah Setya Novanto dan hilangnya ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia itu turut menjadi sorotan media asing, seperti Straits Times, The Washington Post, The Guardian, dan ABC News.

Dalam pemberitaannya, media Singapura, the Straits Times, menjelaskan upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memburu Setya Novanto di rumahnya, Rabu (15/11). Namun upaya penangkapan tersebut gagal.

Media Amerika Serikat, The Washington Post, melaporkan Setya Novanto dituduh terlibat dalam kasus korupsi senilai Rp 2,3 triliun dan lolos dari penangkapan KPK. Dalam pemberitaannya Washington Post menyebut Setya Novanto sebagai sosok pengagum Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

“Seorang pengagum Trump, Novanto, muncul dalam sebuah jumpa pers di Trump Tower, New York, pada September 2015 bersama Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Pada saat itu Trump menyebut Novanto sebagai orang paling kuat di Indonesia dan akan melakukan hal-hal hebat bagi Amerika,” demikian tulis the Washington Post, dikutip dari merdeka.com, Kamis, 15 November 2017.

Kasus korupsi KTP elektronik yang diduga melibatkan sejumlah pejabat dan anggota DPR itu dikatakan terjadi pada 2011 dan 2012. Sebanyak sepertiga dari proyek e-KTP diduga dikorupsi.

Baca Juga :   Bisnis Kuliner, Promosi Kue Ayu Ting Ting Dituding Plagiat

Sementara media ternama Inggris, The Guardian, menyebut politisi Indonesia atau Setya Novanto yang terlibat dalam kasus korupsi besar, hilang. Keberadaannya tidak diketahui dan dia baru saja dicekal ke luar negeri selama enam bulan yang berlaku sejak bulan lalu.

ABC News, media Australia, juga ikut menyoroti hilangnya Setya Novanto. ABC menyebut Ketua DPR itu sebagai ketua partai politik terbesar dan sosok pelobi berpengaruh.

“Setya adalah salah satu politikus terpenting dan upaya penangkapannya bisa berdampak pada pemilu presiden sekutunya, Presiden Joko Widodo,” tulis ABC News.

Penangkapan paksa yang dilakukan KPK memang terbilang mengejutkan. Pasalnya, sudah beberapa kali Setnov mangkir dari panggilan KPK. Namun sayangnya, operasi penangkapan tersebut gagal. Diduga Setnov tidak berada di dalam rumah tadi malam.

KPK menghabiskan waktu sekitar lima jam untuk menggeledah rumah Setnov pada Rabu malam (16/11).

Dari hasil penggeledahan, KPK menyita koper dokumen dan catatan, serta cuplikan rekaman CCTV di rumah.

READ MORE

Pria Asal Kamboja Bikin Pesawat, Hanya Dengan Modal Lihat Youtube

Rempong.net - Seorang pria bernama Paen Long (30) asal kamboja mempunyai tekad yang kuat untuk membuat pesawat sendiri walaupun hanya dengan modal pengetahuan dari...

Hati-hati! Pijatan Setelah Memotong Rambut Bisa Merusak Saraf

Baik di salon atau tukang cukur pasti memberikan pelayanan ekstra berupa pijatan di bagian kepala hingga leher pada pelanggannya. Tidak dipungkiri, pijatan ini sangat...

7 Ulah Egois Penumpang Kapal Titanic di Malam Nahas

Rempong.net - Kapal Titanic yang karam Minggu malam 14 April 1912 melepas 'topeng' manusia-manusia di dalamnya, menguak sifat asli dan kesejatian mereka.Kala itu, anak-anak...

Pria Ini Minta Edit Foto Sentuh Monas, Hasilnya Bikin Ngakak

Akun facebook yang bernama Arya Wiryawan meminta kepada fanpage Persatuan OP WARNET indonesia untuk mengedit foto temannya. "Tolong master editin tangan nya biar bisa menyentuh monas,"

Video Pria Menantang Pelaku Penembakan di Las Vegas

Di tengah serangan tembakan Stephen Paddock, pengunjung Festival Musik Harvest di Route 91, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, tiarap. Seorang perempuan berbaju putih memberitahu...

KOMENTAR ANDA