Rempong.net – Temuan baru seorang profesor di Institute of Cognitive Science, Carleton University, bernama Jim Davis, ini akan membuat kita sangat terkejut.

Pada dasarnya temuan itu mengingatkan kepada kita untuk jangan pernah menceritakan mimpi kita kepada orang lain. Ia pun punya alasan ilmiahnya.

Mula-mula, melalui penelitiannya, Jim memaparkan dua teori mengapa kita bermimpi dan mengapa mimpi itu terasa begitu menarik untuk diceritakan.

Yang pertama, teori aktivasi-sintesis yang berkata bahwa mimpi merupakan interpretasi dari aktivitas acak syaraf tulang belakang dan otak kecil oleh otak depan kita.

Terkadang informasi tersebut bisa kacau dan menyebabkan mimpi Anda menjadi sangat aneh.

Teori ini juga mendukung adanya interpretasi emosi melalui mimpi. Contohnya adalah ketika Anda mendapat mimpi buruk ketika sedang merasa khawatir di dunia nyata.

Baca Juga :   6 Nama ilmiah dengan latar belakang unik

Bukannya merasa khawatir karena mimpi buruk tersebut, kekhawatiran justru membuat Anda bermimpi buruk

Teori kedua adalah mimpi sebagai persiapan untuk menghadapi situasi yang mengancam.

Jim bilang, ada beberapa bukti yang menguatkan teori ini, misalnya emosi mimpi yang biasanya negatif dan topik mimpi yang berkutat pada ancaman nenek moyang seperti jatuh, dikejar, bencana alam, dan lain-lain.

“Elemen-elemen menakutkan ini lebih banyak terlihat dalam mimpi daripada kehidupan sehari-hari. Banyak orang bermimpi dikejar hewan, tetapi seberapa seringkah hal ini terjadi di dunia nyata?” ujar Jim.

Komentar Anda

READ MORE

Tak Usah Gugup, Coba 5 Cara Ini Saat Mendekati Cewek

Di luar sana banyak sekali cowok yang selalu merasa gugup dan gagap setiap kali ada cewek di depan mereka. Apakah kamu merasa malu bertemu...

Viral Mobilio vs Truk Rebutan Masuk Tol, Sampai Lecet-lecet

Seperti yang biasa kita lihat, di Indonesia masih banyak masyarakat yang sukar sekali menerapkan budaya antre. Padahal, banyak sekali hal dalam bermasyarakat yang memerlukan...

Kisah Pramuka Nekat Potong Laju Mobil Rombongan Cawagub Jabar

Aksi siswa SMAN 1 Cijeruk Bogor itu bukan untuk gaya-gayaan. Ia terdorong untuk menghentikan laju kendaraan cawagub demi membuka jalur bagi ambulans yang sedang membawa pasien kritis. Ambulans itu ikut terjebak macet.

6 Fakta Menarik Film Spider-Man: Homecoming

Peluncuran film Spider-Man: Homecoming sudah mulai tayang, para penggemar film Marvel tentu sudah tak sabar lagi untuk menyaksikan aksi Spider-Man yang diperankan oleh Tom...

Wow, Pasangan Ini Memilih Seperangkat Knalpot Sebagai Mahar!

Pernikahan adalah hal sakral yang dilakukan dua insan manusia yang sedang dilanda cinta. Biasanya, mahar atau mas kawin akan jadi perbincangan utama kedua belah...