Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan data tanda waktu penentuan awal bulan puasa pada tahun ini.

Mengutip situs BMKG, Jumat, 12 Mei 2017, informasi Hilal saat matahari terbenam jatuh pada Jumat, 26 Mei 2017, sebagai penentu awal bulan Ramadan 1438 Hijriah.
Keteraturan peredaran bulan dalam mengelilingi bumi, serta bumi dan bulan bersama-sama mengelilingi matahari, memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu. Penentuan awal bulan Hijriah sendiri didasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi.

Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia dalam penentuan awal Tahun Baru Hijriah, awal Ramadan, Hari Raya Idul Fitri serta Idul Adha.

Baca Juga :   Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1438H pada Sabtu 27 Mei 2017

Sementara, informasi yang disampaikan BMKG yang berkaitan dengan penentuan awal Ramadan yaitu Waktu Konjungsi (Ijtima’) dan Waktu Terbenam Matahari, Peta Ketinggian Hilal, dan Data Hilal saat Matahari terbenam untuk beberapa kota di Indonesia.

Selanjutnya, Peta Elongasi, Peta Lag, Peta Umur Bulan, Objek Astronomis lainnya yang berpotensi mengacaukan Rukyat Hilal, serta Peta Fraksi Illuminasi.

Komentar Anda

READ MORE

Ini Sosok Kasir Alfamart Berparas Cantik Seperti Model yang Viral

Wanita dengan nama akun Instagram @biila___ jadi viral di jagad media sosial karena parasnya yang cantik dan bekerja sebagai kasir Alfamart. Banyak netizen yang...
video

Hiii.. Video Komedo Terbesar yang Keluar dari Kuping Ini Jadi Viral

Lagi-lagi video mengeluarkan komedo jadi viral. Kini ada komedo dengan letak paling aneh yakni di kuping. Yang menjijikannya lagi komedo tersebut berwarna hitam dan...

10 Selebriti Muda Dengan Bayaran Termahal Di Dunia

Rempong.net - Muda, berbakat, dan kaya raya. Tampaknya para bintang muda yang sedang bersinar karirnya ini berhasil mengisi pundi-pundi kekayaan dalam jumlah melimpah. Usia...

Hubungan Sesama Jenisnya Ditentang, Anak Jackie Chan Jadi Tunawisma

Anak perempuan dari aktor Jackie Chan, baru saja membuat pengakuan menghebohkan. Gadis 19 tahun ini mengaku jatuh miskin dan hidup di bawah jembatan bersama kekasih sesama jenisnya, Andi Autumn.

Unik, Kuku Ini Bisa Jadi Pulpen

Keunikan ini datang dari sebuah kreasi nail art. Tak butuh mencari-cari pulpen, kini kuku-kukumu bisa jadi alat tulis. Ya, menulis dengan kuku kini bukan...