Spanduk kontroversial yang bertuliskan Filipina sebagai provinsi China, bertebaran di beberapa sudut jalan utama di Manial.

Rempong.net – Warga kota Manila dibuat geger oleh kemunculan beberapa spanduk yang menyebut Filipina sebagai “provinsi China”. Spanduk-spanduk misterius tersebut dipasang di banyak jembatan penyeberangan di jalan-jalan utama kota itu.

Ditemukan pertama kali pada Kamis, 12 Juli 2018, spanduk bertuliskan “Selamat datang di Filipina, Provinsi China” itu menuai kecaman luas dari warga Filipina, terutama kemarahan yang diluapkan oleh para warganet di Twitter dan Facebook.

Dikutip dari South China Morning Post pada Jumat 13 Juli 2018, pemasangan spanduk tersebut bertepatan dengan ulang tahun kedua kemenangan Filipina atas China dalam sebuah sidang arbitrase penting di Den Haag, Belanda.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab terkait spanduk kontroversial tersebut, yang dicetak dalam aksara latin dan karakter Mandarin, dengan tambahan visual bendera China yang diapit oleh dua ekor naga.

Baca Juga :   Manusia Tertua di Dunia Meninggal di Jepang pada Usia 117 Tahun

Otoritas Manila menyebut spanduk tersebut ditemukan setidaknya di lima lokasi di Manila, termasuk salah satunya dipasang tidak jauh dari area kediaman resmi presiden Filipina, Istana Malacanang.

Beberapa pihak menuding oposisi sebagai otak di balik pemasangan spanduk, dengan tujuan mendiskreditkan ketegangan yang terjadi dalam hubungan diplomatik antara Manila dan Beijing.

Namun, ada pula yang mencela hal tersebut sebagai ketidaktegasan pemerintah Filipina terhadap invasi Negeri Tirai Bambu di Laut China Selatan.

Kilas balik pada dua tahun lalu, Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, Belanda, memutuskan bahwa Beijing tidak memiliki status berdaulat secara historis terhadap perairan Laut China Selatan.

Keputusan pengadilan tersebut juga menilai Negeri Tirai Bambu telah melanggar hak kedaulatan, dengan menghalangi nelayan tradisional beroperasi di area pulau buatan China, yang bersinggungan langsung dengan zona ekonomi ekslusif Filipina. (and)

READ MORE

Dibandingkan Dengan Bowo Tiktok, Demian Geram

Demian memberi penjelasan dirinya membatalkan rencana bertemu dengan magician Medan karena dibandingkan dengan Bowo.

7 Hal Konyol yang Sering Dilakukan ‘Kids Jaman Now’ Saat Pacaran

Ada beberapa hal konyol yang sering dilakukan oleh kids zaman now. Beberapa di antaranya ada yang lucu, tapi yang aneh juga tidak jarang.

Pesta Adat Kahiyang-Bobby Banjir Ucapan Selamat dari Warganet

Pesta adat Kahiyang-Bobby akan berlangsung di kediaman keluarga Bobby, Perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara.
video

Trailer: Gerbang Neraka (2017)

Sebuah film supernatural adventure horor yang mengangkat penemuan arkeologi yang paling menggemparkan dunia di abad 21. Film horor terbaru karya Rizal Mantovani, yg diperankan...

Poco Pink, Rumah Super Mungil Yang Unik dan Dibangun Untuk Manusia

Rumah minimalis kini jadi pilihan sebagian besar orang saat memilih tempat tinggal, mengingat semakin terbatasnya lahan. Tapi inovasi dari sebuah perusahaan properti ini patut...

KOMENTAR ANDA