Terjebak di gua
Tim penyelamat Thailand berjuang menyelamatkan tim sepak bola remaja Thailand dan pelatihnya yang terjebak di sebuah gua di Chiang Rai, Thailand, Senin (2/7). (Tham Luang Rescue Operation Center)

Rempong.net – Bangkok – Seluruh orang yang terjebak di gua terlarang Thailand, Tham Luang terlah berhasil dievakuasi dengan selamat. 12 anak laki-laki anggota tim sepakbola Wild Boars dan pelatihnya keluar pada hari Selasa sore waktu setempat.

Pada upaya terakhir, tim penyelamat akhirnya membawa keluar lima orang yang masih tertinggal di dalam gua terlarang Thailand itu, termasuk sang pelatih.

“12 (anggota) Wild Boars dan pelatihnya sudah keluar dari gua dengan selamat”, demikian pesan Angkatan Laut Thailand di akun resmi Facebook mereka seperti dikutip dari DW, Selasa (10/7/2018).

Tim penyelamat sebelumnya menyatakan cukup yakin bisa menyelamatkan semua orang yang masih ada dalam gua hari Selasa.

“(Mereka) akan dikeluarkan hari ini,” kata Ketua Tim Penyelamat Narongsak Osottanakorn kepada kepada wartawan pada pagi hari.

Selasa sore, beberapa sumber yang terlibat dalam operasi penyelamatan itu mengatakan kepada kantor berita AFP, tiga orang lagi berhasil dibawa keluar. Tak lama kemudian terlihat tiga ambulans mendekat ke pintu gua. Beberapa jam kemudian, kedua orang lainnya juga berhasil dibawa keluar.

12 anak lelaki berusia 11 hingga 16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun, pergi ke gua Tham Luang pada 23 Juni usai latihan sepak bola untuk rekreasi penjelajahan. Tetapi mereka terjebak di dalam ketika hujan lebat menyebabkan banjir menggenangi bagian-bagian gua yang berlumpur.

Baca Juga :   Cuci Piring Pakai Air Kubangan di Jalan, Restoran Ini Dikecam Warganet

Untuk menyelamatkan diri dari banjir, mereka masuk ke dalam gua sampai kedalaman sekitar 4 kilometer. Setelah sembilan hari dinyatakan hilang, mereka kemudian ditemukan oleh dua penyelam Inggris.

Semua Dalam Kondisi Sehat

Tim penyelamat kemudian berpacu dengan waktu untuk menyusun rencana yang aman mengeluarkan mereka. Berbagai gagasan sempat dipertimbangkan, antara lain pengeboran lubang ke perut gunung atau menunggu berbulan-bulan sampai musim hujan berakhir.

Tetapi karena kadar oksigen di ruangan tempat mereka berlindung makin menipis ke tingkat berbahaya dan hujan lebat pada hari-hari mendatang mungkin membuat air meluap dan menggenangi sistem gua terlarang Thailand itu, tim penyelamat akhirnya memutuskan misi penyelamatan segera.

Sebelumnya, misi penyelamatan yang berlangsung antara 9 sampai 11 jam pada Minggu 8 Juli dan dilanjutkan Senin 9 Juli. Delapan anak berhasil dikeluarkan dan langsung diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit yang sudah disiapkan merawat mereka.

“Semua delapan anak berada daölam kondisi sehat, tidak ada demam… kondisi mentalnya juga baik,” kata pejabat kesehatan Thailand Jedsada Chokdamrongsuk kepada wartawan hari Selasa di Rumah Sakit Chiang Rai tempat mereka dirawat. (tam)

READ MORE

Chumnan Maunghong, Pria Thailand Ini Gemar Makan Mangga Mentah Sambil Jongkok

Banyak hal yang mendadak viral di sosial media dan menarik perhatian netizen di dunia maya. Salah satunya datang dari cowok ganteng asal Thailand bernama Chumnan Maunghong ini.

Gagal Berangkat Umroh Akibat Ditipu First Travel, Nenek 75 Tahun Dapat Hadiah Dari Warganet

Wanita tua yang memiliki nama lengkap Yurnaini Niwin Jamek atau disapa mak upiak itu, sampai menjual kerbaunya agar ia bisa pergi umrah. Ia sudah bersusah payah mengumpulkan uang dan melunasi biaya umrahnya sejak 2016 yang lalu.

Foto-Foto Kelakuan Orang Yang Bikin Ngakak?

Beberapa orang pasti pernah melakukan sesuatu yang lucu bahkan bisa buat orang lain ketawa, begitu juga beberapa kelakuan orang yang bikin ngakak. Simak beberapa...

5 Superhero yang Tampil Beda di Avengers: Infinity War

Jika sudah menyaksikan film atau bahkan trailer Avengers: Infinity War, pasti sudah terlihat para pahlawan super yang bergabung melawan Thanos. Jika diperhatikan lebih jauh, ada lima anggota Avengers yang hadir dengan penampilan baru.

Heboh Ulat Bulu Punya Kepala Mirip Tikus

Hewan ini memiliki kepala mirip dengan tikus. Sontak saja hewan ini membuat banyak orang kerap bertanya-tanya.

KOMENTAR ANDA