KM Sinar Bangun
Foto Hoax Yang Disebut Sebagai KM Sinar Bangun (Foto: Twitter @sutopo_pn)

Rempong.net – Dunia maya dihebohkan beredarnya bangkai kapal motor (KM) Sinar Bangun di dasar Danau Toba, Sumatera Utara.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memastikan foto yang beredar itu hoax.

“Foto ini hoax. Foto editan,” ujar Sutopo, di akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN, Selasa, 26 Juni 2018.

Sutopo mengatakan, hingga saat ini bangkai kapal KM Sinar Bangun belum ditemukan karena kondisi di kedalaman Danau Toba.

“Apalagi difoto di dasar danau,” kata dia.

Dia menjelaskan, kedalaman Danau Toba mencapai 490 meter. Kondisinya dingin dan belum ada penyelam atau alat yang menjangkau dasarnya.

Baca Juga :   Ada Kisah Haru di Balik Foto Viral Wanita Memakai Toga di Kuburan

Saat ini, tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan relawan terus mencari koordinat KM Sinar Bangun.

Hingga hari kemarin, Senin, 25 Juni 2018, dikabarkan 18 penumpang berhasil selamat. Tiga korban ditemukan meninggal dunia. Sementara itu, 184 orang masih dinyatakan hilang.

Peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun telah menyeret dua orang pejabat di lingkungan Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir dan Angkutan Sungai dan Danau Perairan (ASDP) Samosir. Juga nahkoda Kapal KM Sinar Bangun menjadi tersangka.

“Mereka jadi tersangka karena turut berperan dan bertanggung jawab atas tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun,” ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw di Mapolda Sumut, Medan, Senin, 25 Juni 2018.

READ MORE

7 Kisah Pilu di Dunia Teknologi Sepanjang Tahun 2017

Tak semua inovasi atau hal yang viral di 2017 adalah hal yang baik. Jika ditelaah, sepertinya jauh lebih banyak yang memilukan ketimbang yang menyenangkan.

Ingin Kuliah, ART Ini Dibiayai Oleh Majikannya Sampai Lulus

Menjadi seorang tenaga kerja di negara asing memang bukan hal yang mudah. Selain mengorbankan tenaga, hal tersebut juga mengorbankan banyak waktu. Belum lagi tingkat...

Acara TV Indonesia Ini Jadi Viral di Korea Selatan, Ini Sebabnya!

Rempong.net - Bagi penggemar drama Korea Selatan atau K-Popers, acara variety show ala negeri Ginseng mungkin sudah tidak asing lagi. Seperti yang diketahui, variety...

Gara-gara Domain Ini, Jutaan Pengguna Samsung dalam Bahaya?

Rempong.net - Jutaan pengguna smartphone Samsung diperkirakan dalam risiko bahaya terkena serangan peretas atau hacker. Penyebabnya, Samsung dituding lalai mengelola salah satu domain yang...

Pengakuan Ketua Ojek Pangkalan Bakar Motor di Depan Kantor Gojek

Pelaku pembakaran motor di depan kantor Gojek Batam, Muhammad Ramani, mengaku aksi bakar motor itu adalah aksi spontan. Namun demikian, ia sempat mengajak wartawan...

KOMENTAR ANDA