Lebaran 2018
Jumpa pers sidang Isbat (Foto : detik.com)

Rempong.net Pemerintah melalui Kementerian Agama selesai menggelar sidang isbat petang ini. Hasilnya diputuskan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada tanggal 15 Juni 2018.

“Seluruh peserta sidang isbat bersepakat, dengan mendengarkan pertimbangan MUI, sidang isbat telah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakpus, Kamis (14/6/2018).

“Sebagaimana yang dipaparkan tadi bahwa posisi hilal adalah di antara 6 derajat 4 menit sampai 7 derajat 34 menit dari seluruh wilayah tanah air ini,” imbuhnya.

Menag menyatakan setidaknya ada 12 pengamat rukyatul hilal yang memberikan kesaksian telah melihat hilal. Di antaranya di kawasan Manado, Palu, dan Gresik.

Baca Juga :   Ini Faktanya Kalau Semua Orang Indonesia "Imigran", Tidak Ada yang Pribumi

“Sampai dengan sidang isbat dibuka kami telah menerima 12 kesaksian, kenyataannya jauh lebih banyak. Ada dari Manado, dari Palu, dari Gresik. Seluruhnya menyatakan kesaksikannya telah melihat hilal,” tutur Menag.

Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Sejumlah perwakilan ormas turut hadir dalam sidang isbat ini, di antaranya perwakilan dari Muhammadiyah dan PBNU. Tokoh yang datang seperti Ketum MUI KH Ma’ruf Amin, imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, dan lainnya. (and)

Komentar Anda

READ MORE

Kemkominfo: Stop Sebarkan Foto Bom Kampung Melayu

Rempong.net - Beberapa saat pasca-ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (23/5/2017) malam tadi, sejumlah foto potongan tubuh diduga pelaku bom, menyebar di...

Turunkan Anak Diposisi Yang Salah Dari Motor, Begini Jadinya

Meski kondisi motor diam, namun tetap saja bahaya, terlebih mesin masih menyala. Sebab, anak kecil akan berbuat sesuka hatinya. Yang paling ditakutkan, ketika tangannya menyentuh tuas gas motor.

Ingin Terlihat Feminim, Wajah Pria Ini Malah Membusuk

Belakangan ini, banyak laki-laki dan perempuan melakukan filler demi mendapatkan wajah yang lebih ideal. Cara ini diyakini lebih instan dengan rasa sakit yang lebih...
video

VIDEO: Ditabrak Mobil, Pria Ini Selamat Berkat Papan Iklan

Seorang pria pengendara sepeda motor, nekat menerobos lampu merah. Akibatnya dia ditabrak mobil. Hebatnya dia tak mengalami cedera serius berkat papan iklan. Menurut UPI, Kamis...

Gara-gara Domain Ini, Jutaan Pengguna Samsung dalam Bahaya?

Rempong.net - Jutaan pengguna smartphone Samsung diperkirakan dalam risiko bahaya terkena serangan peretas atau hacker. Penyebabnya, Samsung dituding lalai mengelola salah satu domain yang...