Gunung Merapi Meletus
Gunung Merapi Di DI Yogyakarta Meletus (Foto: BNPB)

Rempong.net – Gunung Merapi keluarkan asap setinggi 5.500 meter pada Jumat pagi 11 Mei 2018, pukul 07.32 WIB. Letusan itu dikeluarkan suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat.

“Letusan melontarkan abu vulkanik, pasir, dan material piroklaktik,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.

Sutopo mengatakan letusan Gunung Merapi berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan tergolong dengan letusan freatik.

Kondisi itu terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang muncul karena kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi.

“Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung api aktif. Biasanya letusan hanya berlangsung sesaat,” ujar dia.

Hingga saat ini status Gunung Merapi masih tergolong normal atau Level I. BNPB menetapkan radius berbahaya Gunung Merapi yaitu tiga kilometer dari puncah kawah.

Posted by Eris Riswandi on Thursday, May 10, 2018

“PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) tidak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik.

Baca Juga :   Video : Detik-detik Gunung Merapi Meletus

Masyarakat dihimbau tetap tenang,” ucap dia.

Saat ini, BPBD dan aparat masih memantau kondisi Gunung Merapi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius lima kilometer seperti Kinahrejo ke barak pengungsi.

Dilaporkan empat kabupaten terkena dampak langsung meletusnya Gunung Merapi. Tiga wilayah tersebut yaitu, Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kapupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

(and/tam)

Komentar Anda

READ MORE

5 Warna Eyeliner yang Bikin Riasan Wajah Tampak Lebih Seru

Bagi Anda pecinta makeup, tentu tak pernah pergi keluar rumah tanpa eyeliner, bukan? Selain warna hitam, pernakah Anda mencoba mencoba warna lainnya untuk membuat...

Bapak-bapak Zaman Now, Nyetir Sambil Main Mobile Legends

Seorang bapak-bapak mengemudikan mobil sembari bermain game Mobile Legends

Pantai Kroasia di Tampilan BING Bikin Warganet Heboh

Mesin pencarian milik Microsoft, Bing belum lama ini mencuri perhatian warganet dunia. Musababnya, tampilan halaman muka Bing menampilkan foto pemandangan udara unik di sebuah...

Seorang Pemuda Hampir Saja Dipenjara Karena Mirip Lionel Messi

Ada yang mengatakan bahwa setiap orang di dunia memiliki 7 orang kembaran. Meski secara sains hal ini mustahil, sebab hanya ada sekitar 6.4 Miliar...

Dituding Hina Panglima TNI, Akun Atas Nama Nikita Mirzani Dipolisikan

Cuitan bernada hinaan pada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang diunggah akun bernama Nikita Mirzani di Twitter berbuntut panjang. Sejumlah advokat di Palembang melaporkan...