jokowi
Presiden Indonesia Jokowi Sedang Berpidato.

Rempong.net – Joko Widodo atau Jokowi merupakan salah satu tokoh muslim yang berpengaruh di dunia. Itu punn diakui dalam sebuah survei yang diselenggarakan The Muslim 500. Jokowi berada di urutan ke-16 sebagai yang paling berpengaruh.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menilai terpilihanya Jokowi sebagai tokoh muslim berpengaruh membuktikan bahwa dunia internasional mengakui kepemimpinan Jokowi di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

“Ini adalah sebuah penghargaan dan pengakuan dari dunia internasional terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi dalam membangun Islam moderat di negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Selamat, Pak Jokowi,” ungkap Raja Juli dalam keterangan tertulisnya, Jumat 14 April 2018 lalu.

Pria yang biasa disapa Toni ini juga menggarisbawahi langkah penyelenggara survei yang mencantumkan blusukan sebagai ciri khas dari Presiden Jokowi.

Blusukan kini dianggap sebagai istilah untuk mendengarkan dan melihat langsung permasalahan masyarakat.

“Pak Jokowi juga telah membawa terminologi blusukan menjadi mendunia. Blusukan menjadi cara seorang pemimpin untuk secara langsung mendengar dan melihat permasalahan di masyarakat, juga untuk membangun hubungan personal yang kuat dan tidak berjarak dengan rakyat,” lanjut Toni.

Tidak hanya soal blusukan, dalam survei itu, Jokowi juga dianggap memiliki keinginan kuat untuk membangun transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan.

“Aneh bila dunia mengakui presiden kita sebagai pemimpin muslim yang berpengaruh, sebagian rakyat Indonesia masih ada saja yang mempertanyakaan keislaman Pak Jokowi untuk kepentingan politik,” kata dia.

Penyelenggara survei ini adalah The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Yordania. Dalam menentukan tokoh yang berpengaruh, digabungkan kombinasi matriks sosial, opini publik, dan pendapat para ahli.

Selain Presiden Jokowi, ada dua nama lain dari Indonesia yang masuk Top 50. Yaitu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di peringkat ke-22 dan ulama karismatis Habib Luthfi bin Yahya di peringkat ke-41 . Sementara, mantan Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin masuk Honourable Mentions.

Sumber : Liputan6.com

READ MORE

Jepretan Akrobat Kutu Parasit di Rambut Kemaluan Seorang Pria

Dokter di Meksiko mengambil gambar yang cukup detail memperlihatkan seekor kutu sedang bermanuver memutar-mutar badannya. Sekilas gambar kutu tersebut mungkin terlihat menarik sampai kita...

Jalan Rusak Dan Berlubang, Ini Cara Protes Ala Model Berkelas

Rempong.net - Masih ingat dengan jalanan yang rusak di Indonesia beberapa waktu lalu? Untuk menyadarkan pemerintah, para pemuda di kawasan tersebut membuka tempat wisata...

McDonald’s dan Starbucks Malah di Benci Israel, Benarkah

Pasca kebijakan Amerika Serikat (AS) yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, kecaman dan aksi menolak klaim itu merebak.

Avengers: Infinity War Tayang Lebih Cepat Berkat Robert Downey Jr

Film superhero tersukses yang pernah dikerjakan Marvel Studios. Semula, pihak studio hendak merilis film ini pada 4 Mei 2018, tapi kini akhirnya dimajukan.

Unik, Remaja India Bikin Satelit Terkecil di Dunia untuk NASA

Rempong.net - Seorang remaja asal India dilaporkan telah berhasil mengembangkan satelit terkecil dan teringan di dunia. Predikat tersebut bukannya tanpa alasan karena satelit bernama...

Komentar Anda