jokowi
Presiden Indonesia Jokowi Sedang Berpidato.

Rempong.net – Joko Widodo atau Jokowi merupakan salah satu tokoh muslim yang berpengaruh di dunia. Itu punn diakui dalam sebuah survei yang diselenggarakan The Muslim 500. Jokowi berada di urutan ke-16 sebagai yang paling berpengaruh.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menilai terpilihanya Jokowi sebagai tokoh muslim berpengaruh membuktikan bahwa dunia internasional mengakui kepemimpinan Jokowi di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

“Ini adalah sebuah penghargaan dan pengakuan dari dunia internasional terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi dalam membangun Islam moderat di negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Selamat, Pak Jokowi,” ungkap Raja Juli dalam keterangan tertulisnya, Jumat 14 April 2018 lalu.

Pria yang biasa disapa Toni ini juga menggarisbawahi langkah penyelenggara survei yang mencantumkan blusukan sebagai ciri khas dari Presiden Jokowi.

Blusukan kini dianggap sebagai istilah untuk mendengarkan dan melihat langsung permasalahan masyarakat.

“Pak Jokowi juga telah membawa terminologi blusukan menjadi mendunia. Blusukan menjadi cara seorang pemimpin untuk secara langsung mendengar dan melihat permasalahan di masyarakat, juga untuk membangun hubungan personal yang kuat dan tidak berjarak dengan rakyat,” lanjut Toni.

Baca Juga :   Segera, 'Stiker' Jokowi Hadir di Line

Tidak hanya soal blusukan, dalam survei itu, Jokowi juga dianggap memiliki keinginan kuat untuk membangun transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan.

“Aneh bila dunia mengakui presiden kita sebagai pemimpin muslim yang berpengaruh, sebagian rakyat Indonesia masih ada saja yang mempertanyakaan keislaman Pak Jokowi untuk kepentingan politik,” kata dia.

Penyelenggara survei ini adalah The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Yordania. Dalam menentukan tokoh yang berpengaruh, digabungkan kombinasi matriks sosial, opini publik, dan pendapat para ahli.

Selain Presiden Jokowi, ada dua nama lain dari Indonesia yang masuk Top 50. Yaitu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di peringkat ke-22 dan ulama karismatis Habib Luthfi bin Yahya di peringkat ke-41 . Sementara, mantan Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin masuk Honourable Mentions.

Sumber : Liputan6.com

READ MORE

Bahaya, Jangan Membunuh Kecoak hingga Isi Perutnya Keluar

Jangan coba-coba memukul kecoak hingga mati, apalagi sampai isi perutnya keluar. Disinyalir, di dalam perut kecoak terdapat cacing halus yang hidup, meski tubuh kecoak sudah mati.

Air Kemasan Mengandung Fluoride Berbahaya? Ini Fakta Sebenarnya!

Segala hal di dunia ini tak lepas dari unsur kimia, baik alami maupun buatan. Hanya saja kadar zat kimia yang bersinggungan dengan manusia sehari-hari...

Bila Terbukti, Ini Ancaman Hukuman Tora dan Mieke

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan meringkus pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia di rumahnya di daerah Cirendeu, Tangerang Selatan. Jika...

4 Fitur Baru Google Untuk Bantu Cari Perangkat yang Hilang

Salah satu yang paling menarik adalah layanan Device Manager yang membantu kita mencari perangkat Android kita jika hilang. Ini disempurnakan tahun lalu di fitur Find My Device.

12 Tahun Menghilang, Pantai Ini Muncul Kembali

Sebuah pantai di Irlandia yang dinyatakan lenyap pada 12 tahun lalu secara ajaib kembali muncul

KOMENTAR ANDA